banyak kejutan, waktu servis si MX >>>> MX-ION 150 INSIDE


oke selamat malam semuaanya masbRO

udah dua hari gak posting

gara-gara gak enak badan….(kayaknya gara-gara udah kelamaan gak makan enak :mrgreen: )
sekarang badan saya udah enak (abis makan enak )

oke masbRO, waktu hari kamis, begitu gajian turun, saya langsung kepikiran kalo si MX udah waktunya servis pertama, padahal kilometer udah menginjak di 1700 KM (waktu kilometer 500 cuma ganti oli doang :mrgreen: ), karena alasan tertentu… (masalah dompet inside)

nah padahal kan masih servis gratis …..???
bner banget masbROO, tapi yang jadi masalah, buku servis si MX gak ikut dikirim ke malang, jadi yang nyampe ke malang cuma motor + kunci kontak + STNK + bensin se-sendok teh :mrgreen:

oke saya langsung ke bengkel resmi
nah kalo masbRO ada yang tau bengkel resmi yang saya samperin itu ada di daerah jalan galunggung
lokasinya gabung sama dealer YAMAHA
nah kebiasaan saya ketika motor lagi diservis (waktu dulu masih pake si supra), saya selalu ngawasin si motor sama si mekanik yang lagi servis, tapi disini beda, soalnya di bengkel resmi ini selain mekanik dilarang memasuki area servis, dan kebetulan motor saya di servis paling ujung sendiri,
emang sih agak was-was… tapi mau gimana lagi
nah dari pada saya bengong di tempat tunggu, sambil ngeliatin acara lipsync-lipsync-an di tv
mending saya nyamperin dealer YAMAHA di sebelahnya
disitu di pajang new jupiter MX versi autoclutch (hmm ini agak membingungkan, mengingat di website resmi YAMAHA, versi ini tidak ditampilkan lagi)

trus mulai deh ngobrol2 sama petugas dealer
“mas mau tanya2 ”
” oh silahkan mas, duduk dulu” sahut si petugas dealer
bapak kamu maling ya??? itu helm fullface yamaha berapaan mas??” basa-basi dikit
” iya mas, 350rb mas…. tapi kalo diluar dealer dijual sekitar 400rb mas” jelas si mas dealer
” ohhh…. itu dulu kalau beli NJMX enggak dapet helm itu ya mas??” (soalnya saya cuma dapet Half face yang mirip bonus mio masbRO)
“oh… mas belinya kapan? soalnya helm fullface itu dulu sempet jadi bonus NJMX sampai beberapa bulan lalu..jadi buat beberapa pembeli pertama….jadi kalo belinya 3 bulan lalu enggak dapet mas … sahut si mas dealer

“ohh gitu, saya belinya sekitar 2 setengah bulan lalu” #mau nangis T.T
“motornya yang tadi diparkir itu ya mas ?? yang plat B?? tanya si mas dealer
“iya mas…” #soo sweet bgt si mas dealer perhatian bgt
” gimana mas? enak kan pake NJMX???
” iya lumayan mas… tarikannya seep”
” nah itu kan baru lumayan, kalo mau tambah garang tinggal diganti sama blok silindernya vixion 1 set PNP alias plug an play lho mas”
oke masbRO…. ini yang bikin saya kaget, saya emang sering denger, kalo silinder MX bisa disubstitusikan dengan 1 set silinder blok vixion, yang sering dijuluki “MX-ION”
tapi yang saya kaget, ternyata hal ini juga sudah direstui oleh dealer bahkan bengkel resmi, karena saya diminta untuk konsultasi dengan kepala mekanik di bengkel resmi yang sedang saya singgahi, untuk ubahan terhadap karburator, dan CDI yang nantinya menyesuaikan pergantian silinder blok 1 set milik vixion,
ini silinder blok MX gambarnya saya ambil dari forum kaskus

kalo ini blok vixion 1 set

nah oke dilanjut lagi dengan perbincangan yang lebih mengejutkan
“woo berarti jadi 150 cc dong mas??” saya tanya lagi
“iya mas….sampean tau dealer DAVINA yamaha ???” tanya si mas dealer balik
“iya mas, yang ke arah kota itu sih??”
“iya, itu malah udah punya NJMX yang pake silinder blok vixion 1 set, kenceng mas larinya” tegas si mas dealer

nah ini yang bikin saya kaget lagi masbRO… gak taunnya malah udah ada dealer resmi yang nyoba langsung bikin MX-ION
dan malah dari informasi dari si mas dealer, MX-ION milik dealer DAVINA yamaha, udah pake karburator PE28 sama CDI unlimiter BRT (Bintang Racing Team)…
woooo saya gak tau kalo dealer resmi sampe kearah sana, emang berani dealer Yamaha dalam bereksplorasi
malah mereka berani bereksplorasi karena pihak yamaha sendiri yang menuturkan kalau basic silinder blok vixion dan NJMX adalah sama
… begitu selesai perbincangan panjang antara saya dan mas dealerm enggak lama saya ngeliat kalo motor saya sedang di test ride sama kepala mekanik
dan saya disuruh menuju ke tempat pembayaran servis,
dengan rincial
30rb servis ringan
33rb 1 liter YAMALUBE sport
oke masbRO….
jujur sih saya belum ada keinginan untuk melakukan ubahan apa-apa terhadap si MX
mengingat si MX cuma saya pake buat pulang pergi kerja, ke kampus, pacaran, sama beli rokok di warung :mrgreen:

oke masbRO itu cuma sekedar share saja
mudah-mudahan bisa berguna masbROOO
#salam satu jiwa…..

==================================================================================================================
UPDATE

oke masbRO akhirnya saya dapet pencerahan komen dari artikel MX-ION 150, dari bro “gasfuel
yang sudah mencoba menyematkan blok vixion di NJMX nya,
walaupun sepintas sama ga langsung pnp juga bro. bagian pantat liner blok vixi harus di papas +/- 5mm biar masuk ke crankcase jupie mx dan aman untuk pemuaian.
yg persis sama itu head cilindernya.
kalau cuma pake blok vixi aja ga terlalu ngaruh juga bro, kecuali satu set sama noken as nya baru terasa bedanya. akselerasi gigi 1 dan 2 sih mirip standar baru gigi 3,4 dan 5 terasa power ngisi ga sperti masih standar tarikan bawah yahud tapi sudah diatas 80km/jam udah mulai berat.
kebetulan punya kita sama njmx merah
mx ane baru beli langsung ganti blok set vixi+noken asnya.
knalpot,karbu,cdi,coil dll masih standar aje soale buat harian aja
sudah jalan 1680km dan sudah 2 kali ane ajak turing alhamdulillah tidak ada masalah.

nah masbRO semua yang kepengen nyoba kawin silang NJMX sama vixion kayaknya bisa nyoba saran dari bro gasfuel
makasih banyak bro gasfuel atas pencerahannya
#sekali lagi SALAM SATU JIWA
JOSSSS

28 responses to “banyak kejutan, waktu servis si MX >>>> MX-ION 150 INSIDE

  1. karis December 3, 2011 at 7:27 pm

    wah…info yang boleh nih, kira2 berapa duit tuh bro kalau ganti gitu?
    #salamsatusuporterindonesiabukansatujiwasaja

    http://karisnsz.wordpress.com/2011/12/03/review-bm1-synthetic-motor-oil-di-new-scorpio-z/

  2. ryo December 3, 2011 at 8:39 pm

    wah kawin silang yang direstui…

  3. ryo December 3, 2011 at 8:41 pm

    kawin silang yang direstui…

  4. gasfuel December 3, 2011 at 11:40 pm

    walaupun sepintas sama ga langsung pnp juga bro. bagian pantat liner blok vixi harus di papas +/- 5mm biar masuk ke crankcase jupie mx dan aman untuk pemuaian.
    yg persis sama itu head cilindernya.
    kalau cuma pake blok vixi aja ga terlalu ngaruh juga bro, kecuali satu set sama noken as nya baru terasa bedanya. akselerasi gigi 1 dan 2 sih mirip standar baru gigi 3,4 dan 5 terasa power ngisi ga sperti masih standar tarikan bawah yahud tapi sudah diatas 80km/jam udah mulai berat.
    kebetulan punya kita sama njmx merah
    mx ane baru beli langsung ganti blok set vixi+noken asnya.
    knalpot,karbu,cdi,coil dll masih standar aje soale buat harian aja
    sudah jalan 1680km dan sudah 2 kali ane ajak turing alhamdulillah tidak ada masalah.

  5. uungferi December 4, 2011 at 4:05 am

    naissssssss inpo ommmm bro

  6. bimo96 December 4, 2011 at 10:04 am

    aayo dicoba,biar tmbh ngaciiir kayak komeng

  7. Ari Semarangan December 4, 2011 at 11:06 pm

    takut k0mp0sisinya gag pas buad harian. . Ciiiit. M0g0k .

  8. shogun110tromol December 8, 2011 at 1:47 pm

    serem, soalnya basisnya sama sih :mrgreen:

    jadi inget sama CS1 yang pake blok silinder CBR150 😯

  9. tito April 20, 2012 at 11:33 am

    gan,, untuk mx ane..
    ane mau beli blok v-xion
    truss mau wa obok obok..
    bagus nya pakek seher apa ??
    truss oversize bpa ??
    tlng jawaban nya gan
    thanks 😀

    • nsx125 April 20, 2012 at 12:55 pm

      kalo mau obok2 dalem
      mending beli paketan sekalian aja bro
      kayak punya TDR
      udah rapih
      totalnya kalo enggak salah 850-1jutaan
      tergantung tipe
      mau 150 cc, 165, kalo gak salah ada juga yang 180 cc,
      kalo jebol bisa di oversize
      soalnya bukan forged piston CMIIW

  10. mxlover June 26, 2012 at 12:03 pm

    aen udah coba bro… piston,blok,noken vixie… tambah cdi brt ama per klep cld… tp brebet d awal, kyna mesti ganti karbu yg non vakum deh.

  11. winner July 11, 2012 at 8:33 am

    Bro,kl njmnx pke noken as vixi,pnp ga?

  12. iday diee January 12, 2014 at 9:21 pm

    ceritanya bermanfaat bro. thanks

  13. Sir Nu March 31, 2014 at 11:30 pm

    Kebetulan kemarin abis ganti rumah kopling,ketika dibuka blok mesin NJMX ane ternyata rumah koplingnya udah soak,akibat kebanjiran diGrogol,kepla teknisi n staff Beres Yamaha nyaranin ganti rumah kopling Vixion,padahal niat awal ane cm pengen ganti kampas kopling doang,lha sampe disana malah diganti 1 blok rumah kopling,,,wah bisa tekor ane,tp gpplah,,,total keseluruhan ane abis biaya 1,427jt brow,,part ori smua pantesan selangit,,trus malah ane ditawarin bore up NJMx ane pake 1 set blok silinder Vixion biar tambah ngacir kata staff n kpala teknisi Beres Yamaha,,,ane sempet kaget juga,,,kok mereka nawarin bore Up,,,padahal biasannya yg namannya beres tuh dimana-mana gak mau otak -atik motor kecuali standard pabrikan,,,tp ini kok malah nyaranin,,,,sempet seneng tp bingung jg,,,dan ketika ane tanya berapa biayannya yaitu harus nyiapin mahar 1jt,,itu baru ganti blok silinder 1set aja,,,belom ganti Noken as Vixionnya,,,,wah kayaknya manteb juga nih…jadi paling nggak buat jaga2 total biaya buat bore up 1,5 jt,buat ganti Noken as n biaya tak terduga,,,,,NJMx ane blm tak bore up sih,,,mo nunggu 50.000km dlu karena niat dari awal beli pengen tak bore up setelah 50.000km gitu,,,sekian aja brow sekalian,,,

  14. dulhak June 1, 2014 at 5:42 pm

    kalau ane sih udah ane bore up jupiter mx ane,
    itu pun karna bantuan artikel bg ari.
    gak pake mahal tuh cuma 1,2 juta udah dapet tuh blok cylinde,piston,pin piston,ring,dan NOKEN AS nya.
    murah kan,malahan itu dari part YAMAHA lo.
    kalau masalah ngebut FU mah di kentutin,tapi blum nyoba nih lawan cbr

  15. Anonymous July 9, 2014 at 10:34 pm

    Ane udh pake gan
    Mantep ko, ane pke karbu sama
    Cdi standart jg asih asoy tenaganya
    Ane aplikasiin d ojmx gan d jamin satria f jg seimbang

  16. Meteoratwentyfour Secx'brenxzsallawaztna September 3, 2014 at 12:39 am

    kalo di bore up pket vixion suara mesinnya jadi kasar ga?

  17. Feri Nur Ramadan December 3, 2014 at 4:03 pm

    kalo buat harian aman nggak ??

  18. Arynet July 6, 2020 at 11:00 pm

    Pj_Mj pake ukuran berapa bro ?

Leave a comment