selamat pagi semua masbRO………
ini pertama kalinya saya bikin artikel kepagian….
ini gara2 jiwa saya masih tergoncang semalem gak jadi nonton farah queen yang demo masak di malang town square
alhasil perut tumben minta dianter ke kamar mandi……
#nyalain lagu as long as you love me :backstreet boys
gini masbRO salah satu pabrikan motor jepang yang betah banget di indonesia yaitu Honda
budaya Honda yang paling dikenal salah satunya adalah menggunakan mesin setipe pada motor yang berbeda,
contoh neh
1. astrea star = astrea prima = astrea grand = supra = supra x
2. Honda kirana = honda karisma = supra x 125 (paling ganteng) = honda civicsparepart
3. spacy = vario = scoopy = beat (ini agak beda dikit)
4. generasi revo 110 (kecuali AT) = generasi blade 110
nah dari 4 contoh tadi kita semua udah liat banyak banget motor2 keluaran honda yang menggunakan mesin yang sama, tapi masbRO dari hasil perbincangan sama bapak saya, ini membuat saya mulai berpikir dari dunia sisi lain, “ternyata budaya inilah yang membuat penjualan honda berbeda signifikan dengan pabrikan tetangga lainnya (jangan tanya arti signifikan apaan, gw sendiri gak tau artinya, tapi lu coba ucapin kata itu rasanya keren banget wakakakkakakkakaa)
ternyata banyak keuuntungan yang kita enggak tau dari budaya menggunakan mesin yang sama di varian yang berbeda….

1. biaya produksi bisa ditekan…….
ini mah udah pasti namanya aja produksi massal pasti biayanya lebih murah daripada produksi spesial….

2. mekanik enggak pernah kesulitan buat service dll
nah ini kan udah jelas masbRO misal waktu jamannya astrea star pasti semua mekanik udah dikasih tau tentang karakter itu mesin supaya kalo ada yang tau2 ngamuk2 di AHASS gara2 motornya gak mau di ajak standing lagi pihak AHASS udah siap buat bikin tuh motor bisa standing lagi, nah seiring berjalannya waktu keluarlah supra x menggunakan mesin yang sama, dan ketika ada lagi konsumen yang dateng ke AHASS mau service motornya, para mekanik sudah dalam posisi bner2 siap untuk menangani masalah mesinnya si supra x, soalanya udah bertahun2 pihak ahass ngutak-ngatik itu mesin, sehingga hasil service dari AHASS bisa bner2 memuaskan karena pengalaman mereka di mesin itu udah mantep bner…..
bayangin aja jarak antara Honda star sama supra X……..
perumpamaannya gini kayak kita diajarin 1+1=2 sampe 10 tahun, ya lancar banget pas tiap di tanya 1+1= berapa

3. sparepart mesin enggak terlalu susah dicari
ini juga yang paling masuk akal apalagi soal karena mesin sama otomatis metode substitusi spare part pasti bisa dilakukan, orang mesinnya aja sama, otomatis kalo ada bagian sparepart pasti gampang nyarinya….
coba aja masbRO ke bengkel2 non-resmi yang jual sparepart2 KW coba masbRO cek salah satu sparepart KW buat honda, pasti namanya panjang sendiri “untuk astrea grand/supra x / honda star / astrea prima

4. nilai jual tinggi
di poin ini sedikit banyak penggunaan engine yang sama berpengaruh,
coba kita cek satu2 apa aja sih yang buat nilai jual suatu motor tinggi
# barang awet = no comment ini kayaknya berdasarkan kata orang tua
# gampang ngerawatnya= bisa di cek di poin 2
# spare part gampang dicari = bisa diliat di poin 3
# mesin enggak ketinggalan jaman = nah ini yang kayaknya butuh penjelasan , arti dari enggak ketinggalan jaman disini punya arti khusus, maksudnya enggak ketinggalan jaman disini bukan dalam arti piranti mesin yang digunakan honda sudah sangat maju dibanding motor lainnya
tapi lebih kearah motor bekasnya gak ketinggalan jaman sama motor barunya
misal kita beli honda kirana mesinnya gak akan ketinggalan jaman kalo kita bandingkan sama supra x 125 yang sampe sekarang masih dipajang di dealer2…. sehingga buat yang abis beli motor bekas honda pas mau cari sparepart gak bakal kesusahan orang mesinnya aja sama kayak motor yang keluar sekarang
kadang ada yang bilang “nilai jual tinggi, kayak investasi aja, kalo emang niat mau investasi mending beli emas sekalian”
saya menjawab ” emas kan enggak bisa buat ngebut masbRO ” hweheheh intermezo aja…..
oke masbRO itu dia kesimpulan yang saya ambil dari perbincangan saya sama bapak saya kurang lebih 1 tahun lalu
ngomong-ngomong si bapak enggak taunya sering baca artikel saya “hweheheh makasih ya pak”
makasih juga udah membuka wawasan saya…. oke akhir kata saya mau lanjut tidur dulu masbRO masih ngatuk berat
oh iya saya sama si bapak bukan FBH lho
motor paling di senengin si bapak sampe sekarang teteP RX-king cobra, biarpun dia udah nyoba GL-pro, yamaha crypton, sanex dll lah (soal nyali saya kalah total)
kalo saya sekarang masih nge-reyen si new Jupiter MX yang masih kinyis2
Like this:
Like Loading...
Related
Vario beda sendiri bro
oh iya masbRO
buat kompresi vario emang jauh lebih tinggi daripada scoopy sama beat
dia pake 10.7:1
Vario udah radiator soale
vario manteb
supra 125 manteb wkekekekkekeke
tapi udah dipegang sama orang rumah T.T
kalo masih satu Varian Gak Masalah Mas,, Justru Bagus EN KREATIF.. Seperti mesin astrea series, GL series dan matik series,, fungsi dan habitatnya masih sama cuma beda fitur en Bodi.. Cuman yang Keterlaluan Kalo sampai antar Varian,, misal bikin motor trail pake mesin yang sama dengan varian Sport fairing.. Kan sudah Beda ALAM Mas,, #abaikan saja#
PISS..
hweheheh
kayaknya kejadian juga om
di supra X 125
sama honda XRM versi trail
sama2 beda alam wekekekekke
masalahnya mesin asli crf250 versi se terlalu ganas untuk ukuran produksi masal,jadi kurang d terima pasar,maka d buatlah versi crf250L,kalo uda ada coba aja deh adu karakternya sama klx250,bukan g kreatif,tapi melihat potensi,tantunya dengan beberapa modifikasi lah,misal karakter gearbox,etc,mereka jg gak bodo2 amat koq,secara meraka kan para insinyur2 honda yg udah oriented..
sippppppp
yang jelas masih dlm koridor (bebek ke bebek). dan paling ga tiap 5 thn ada upgrade tknologi biar gak ketinggalan jaman bgt, apalgi klo euro 4 udah tetapkan. analogi yg bagus.. nice
ini yang beda , kalo sport???GL meggi tiger basisnya sama,,aman
itulah yg ane suka dari honda,tigor aja bisa subtitusi slinder blok sama mega pro,gl pro,bahkan phantom,itu cma contoh kecil aja,soal endurance g usah d tanya,semua uda tau koq,lagian umur mesinnya(dari segi penampilan)tergolong panjang,pantengin aja mesin tigor,dari mbrojol tahun1994 silam,tuh mesin masi keliatan sexy&enak d pandang mpe sekarang..
soal tahan banting
gini om
sampean percaya gak…
kalo dirumah saya ada Honda star di STNK keluaran 1987
sampe sekarang masih jalan …….
gak boleh saya jual
kemaren ada tukang galon udah nawarin
hwehehehhehehe
Honda keluaran ’87 mah biasa om, dimari banyak tuh Honda2 lansiran 70-80an awal yang masih jalan…
slah satunya C70 punya keluarga yang lansiran ’78
edaaaan……
josss om
itu biasa banget om……..makanya di Indo juga C70 pasaran, soalnya masih pada jalan semua…..punya saya sih termasuk masih muda, ada yang awal 70an
Honda jadul memang bandel, Honda skarang saya sangsi ah…..
ikut setuju om…….
sanksi kenapa mas bro..
sangki takut rusak..gue punya Karisma udah 10 tahun mash awet
secara karisma gue motor capek,,
itu hanya persepsi mas aja
persepsi darimana? baca nih
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1023181
masih bilang persepsi? 😆
klo Karisma sih saya tahu bandel mesinnya, tapi coba Supra X125 keatas……..
emm…yang pasti sih, faktor mesin sama ini yang bikin Honda ketinggalan dalam hal teknologi dibnding kompetitor……
kompetitor pun sebenarnya pake basis mesin yang sama, tapi udah ada perubahan yang signifikan, contohnya mesin Shogun FD110 dengan mesin Shogun FL125, bedanya jauh tuh, padahal klo ditilik, basis awalnya FL125 ya FD110, gitu maksud saya… (tapi bikin kelemahan dalam masalah sparepart)
klo Astrea Grand sampe Supra Fit bentuk crankcase ama bloknya aja sama, saya curiga bentuk blok silindernya juga sama 😆
bagi gue ga masalah bro..
selama mesin nya berkualitas
buktinya sampai sekarang Konsumen ga ada yg complain dengan mesin Honda walaupun mesinnya sama satu sama lain..
Itu karena mesin Honda sangat Berkualitas
gak pernah ada komplain?
gak salah tuh? 😆
baca nih http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2040220
mesin Honda lama sih iya sangat berkualitas, mesin Honda sekarang? mbohh
hahaha, like this gan, mantap pisan. dukung 100%. yg melek memang jelas berintelek. 😀
partnya ga selalu ready, indent laaaaammmma
masbroww klo supra x d kasih mesin c70 bsa gag
– after sales kurang baik
– banyaknya spare part KW “KW 2” “KW 1” “KW super”, bahkan dibengkel resmi pun ada
– harga part yang mahal dan tidak jelas antar bengkel resmi, tidak seperti pabrikan “semakin di depan” yg sudah mempunyai harga hett (bisa dicek melalui web resmi)
– pernah ada kepala mekanik yg tidak bisa menservice honda astrea 800 dengan alasan motor tua dan mengeluh “lain waktu, harusny motor tua tidak masuk bengkel seperti ini”. (tidak profesional)
semua yang saya katakan adalah murni sesuai dengan apa yang saya alami, tanpa ada maksud membandingkan atau menghina merk tersebut. hanya sekedar share
mhon diizinkan gabung.menyanggah pernyataan diatas,mekanik bukan menolak.bukan ga bisa.tapi lebih dalam hal efisiensi waktu.motor atau Mobil lama itu banyak trouble.perbandinganya 1:5 dengan servis unit baru.rugi unit entry pendapatan bengkel.lagian semua atpm biasanya type 10 tahun kebawah udah ga dterima service itu jatahnya bengkel umum gan! bagi bagi rezeki contohnya AUTO2000 Toyota,Mobil kijang lama udah g diterima service. OK gan nuhun
Gan mohon maaf klo salah kamar , mungkin ada yg bisa bantu ane newbie ni gan mo masang mesin supra x 125 d chasis honda grand kira” pnp atw gmna gan ?
point 3 benar-benar sefikiran dengan saya.
bahkan dari astrea 800 s.d Fit x/revo mesin sudah mengalami ubahan kecil yg membuat mesin lebih halus. tpi kehalusan mesin adalah berbanding terbalik dengan tenaga dan durabilitas yg dihasilkan jika sama-sama 1 jenis mesin.
makanya bengkel pinggiran, maupun ahass kalo dapet konsumen c-series gmpang memberikan solusi.
Pegang gas,rem,byr pajak,ganti onderdil =konsumen .yg kgk ngerti onderdil kw 1,kw 2, 0ri pasti serahin bengkel.harga ori selangit….
Pernah kejadian,teman ane ganti onderdil kharisma di bengkes ahass resmi,ambil nya di bengkel di pinggir jln dgn penjelasan karena temen dekat = ori sm kw1,kw 2 dipasang yg penting hidup.gilaaaaaa
Misal ori harganya 175 rb,kw 1 150 rb kw 2 90 rb.pikir: murah,gampang, tapi….
Masbro, klo jeroan s90z cocok pake punya motor apa?
sama gak gantungan mesin astrea grand sama supra x lama?
kalo s90 ada penerusnya selain win?
Taik… sok tau kabeh. Tapi gw setuju sama TS Kalau Hsx sama Karisma emang bandel abiss…
mau nanya kalau kop silinder supra x 125 yg baru sama revo 110 cw sama atau tidak
Mau nanya mas. Kalau glondongan mesin supra lama di pasang di rangka revo atau karisma bisa tidak?
Gini mas bro klo mesin revo 110 di naik kan ke rangka supra x 125 bisa ngk mas bro