Tips Milih Mekanik Waktu Servis


oke selamat Sore masbRO
hari ini gw mau bagi2 tips (bukan uang TIPS— Inget)

Nah Tips ini gunanya sih kalo misalnya masbRO pengen servis motor ke bengkel resmi ato kemana gitu

soalnya jujur kalo gw sendiri sih hampir gak pernah nyervis motor sendiri
paling ganti oli doang (punyanya cuman kunci pas buat baut oli:mrgreen: )

jadi gw sering banget nyerahin nih motor ke bengkel resmi
buat di servisin

nah…. tapi udah buka rahasia lagi masbRO
enggak sedikit temen kita yang abis nyervisin motornya malah langsung kecewa
gara2 bukannya tambah enak—– eh malah tambah gak beres
hasilnya—– nyuci motor jadi maless-malesan

nah intinya, sbenernya bukan bengkel resminya yang salah
tapi emang apesnya kita lagi dapet mekanik yang gak siap sama motor yang kita suruh servisin—-salah asuhan

oke masbRO gini nih tipsnya– buat meminimalisir kita dapet mekanik yang gak cocok

yang pertama yang paling gampang
tanya temen

misal nih saya punya temen namanya marwoto
trus motornya dia new jupiter MX (sama kayak gw)

saya : eeh mar…. sini gw pinjem motor lu
marwoto : lah buat apaan kan motorlu juga sama kayak gw
saya : gw tau lu abis nuker motor gw kan?? kagak gw mau nyoba doang enak apa kagak motorlu????
marwoto : neh kuncinya ……

oke langsung selang beberapa menit gw bawa dah tuh motor buat ngiter-ngiterin tiang listrik

saya : buseet enak banget motorlu mar….. lu servis dimana ini ???
marwoto : di bengkel resmi yamaha pin…. pokoknya sama mekanik yang gendut… agak berewokan namanya marwoto juga, cuma gantengan gw dikit
saya : jadi orangnya gendut berewokan ???
marwoto : iya tapi lu jangan sampe ketuker sama tukang parkir disana, dia gendut berewokan juga
saya : #ngempesin ban motornya marwoto#

naaah enak kan???? simpel banget itu masbRO dari temen kita langsung tau mau di bawa kemana motor kita kalo pengen diservis

yang kedua neh misal kita enggak ada temen yang bisa kita tanyain, gara2 temen satu genk lu lebih seneng pake sepeda fixie (kalo lu tetep ngotot juga paling lu cuma dianter ke tukang tambal ban)
gini caranya misal nih coba dulu motor kita bawa muter2 dulu sampe lumayan panas mesinnya
nah pas nyampe tempat servis kasih tuh motor, bilang aja servis sekalian ganti oli

nah kalo lu liat si tukang servis langsung pengen buru2 nguras oli padahal itu mesin masih panas, langsung aja di STOP itu tukang servis, berarti dia udah gak beres, kecuali kalo situ rela itu baut oli jadi gak bisa pas di rumah bautnya waktu di masukin lagi….., ato pikir praktisnya gini, prosedur kayak gitu aja dia lalai apa lagi prosedur selanjutnya—- langsung minta ganti mekanik aja masbRO –gak usah sungkan

yang ketiga
ini pernah saya alami sendiri masbRO waktu mau servis pertama kali si MX pas
emang sih waktu si NJMX dateng ke malang ini, disini masih jaraaang banget yang pake NJMX,
ketemu di lampu merah seminggu sekali aja belom tentu,
nah begitu saya serahin itu motor MX
langsung di standard dua dah itu si MX
sambil saya perhatiin terus itu si MX
nah terus kok mekaniknya kayak kebingungan ngeliat si MX
sambil masukin obeng ke baut trus gak jadi, masukin lagi, terus gak jadi lagi

sampe ada 5 kali kayak gitu…….waaah ini motor bakalan di buat belajaran alias experiment

enggak lama langsung saya samperin itu mekanik udah mas ganti oli aja….. gak jadi servisnya
karena itu area yang enggak boleh dimasukin sama customer, gw langsung disamperin sama kepala mekaniknya
dia belom sempet ngomong apa2, langsung gw omongin “ini mekanik buka body motor aja bingung gimana suruh buka yang lainnya pak??? ”
akhirnya langsung motor gw dipindah ke mekanik lain yang agak lancar buat service si MX,

sebenernya ada kemungkinan juga kalo si mekanik cuma enggak bisa ngelepas body motor doang, kalo mesin dia bisa–lancar malah

nah tapi itu cuma kemungkinan lho

tapi kalo gw ambil praktisnya aja
masak motor belinya mahal-mahal (buat gw sih motor kalo harganya udah diatas 10 juta udah mahal ) trus dibuat experimen alias belajar utak-atik…. hayoooo

nah yang Ke empat nih
ini dulu waktu saya masih naek si supra
gw punya mekanik langganan di bengkel AHASS
soalnya hasil servisnya cuuucoook banget masbRO
dulu gw pilih orangnya soalnya gw tau kalo dia juga pake supra 125 buat
gampang ngomongnya kalo mau servis
samain aja pak setelannya kayak motor bapak
langsung seep dah,,,,

nah mudah2an itu tips ada gunanya masbRO………

17 responses to “Tips Milih Mekanik Waktu Servis

  1. Aa Ikhwan June 12, 2012 at 12:12 pm

    Sip ajib..

  2. axo92 June 12, 2012 at 3:10 pm

    keduax..😀
    bener bro.. setuja saia.:mrgreen:

  3. Hourex150L June 12, 2012 at 5:39 pm

    lebih seneng servis sendiri Bang,, jarang ke Bengkel.. Paling ke Bengkel/ dealer cupa buat cari Part ajah..😀

  4. kid1708 June 12, 2012 at 6:21 pm

    gak peduli siapa yg servis, yg penting selesai kalo gak enak komplain😀

  5. bapakeVALKYLA June 12, 2012 at 6:48 pm

    kalo di beres emang untung2an… soalnya kita susah mau ngawasi langsung..
    saya sih di bengkel langganan aja.. bisa nunguin, ngawasin, sekalian belajar utak atik motor sendiri…

  6. putihviolet June 14, 2012 at 12:51 am

    ane sih datang langsung ngomong “jangan dipegang sama yang praktek ya mbak” soalnya di beres ane banyak anak SMK berseragam YIMM👿 http://putihviolet.wordpress.com/2012/06/13/review-njmx-setelah-7-bulan/

  7. bimo96 June 14, 2012 at 5:58 pm

    kelinci percobaan tuh😀 ati2 pulang knalpot copot wkwkwk

  8. Cah Nglegok June 26, 2012 at 4:07 pm

    baru tau nih kalo standarisasi kemampuan dan skill mekanik di bengkel resmi yamaha belum sama yaaak… #kabooor

  9. gesang86 July 3, 2012 at 4:35 pm

    Nice trik…..

    Nitip lapak,om>> http://goo.gl/rRENg

  10. Karis July 4, 2012 at 6:52 am

    tips kedua dan ketiga ngajak ribut tuh ahahahaha…..
    btw, tips terakhir susah buat dipraktekin ke si pio

  11. andhi_125 July 9, 2012 at 9:16 am

    nais tips…

  12. abong bonjeruk July 17, 2012 at 7:26 pm

    harus bnyak temen mekanik jdinya.

  13. blognyamitra July 20, 2012 at 8:16 am

    Yang point ketiga itu biasanya yang magang, pernah ngalamin juga pas di bengkel resmi.

  14. Bondan October 18, 2013 at 10:30 am

    Syukur saya orangnya “bejo”. Tiap ke beres Yamaha pasti dpt mekanik senior yg handal. Awalnya saya servis kaki”. Saya tahu bagian mana saja yg rusak, tp sengaja diem. Mas mekaniknya ngampirin sambil nerangin & nawarin part yg perlu diganti, saya iya saja, dan puas dgn pelayanannya (teliti, dapat teh botol + hotspot) wkwkwk…

Leave a Reply

