ini serangga kenapa di kasih nama TOMCAT??? dari Pesawat??? nanti dulu………


selamat siang masbRO
lanjut artikel yang kemarin, nah ini masih mengenai TOMCAT lagi
sebnernya , untuk beberapa daerah, serangga tomcat ini udah enggak asing lagi,
biasanya ada yang manggil serangga ini semut kanai atau semut kayap (kompas. 2012)
trus kalo saya sendiri jelas enggak tau sama sekali, soalnya baru akhir2 ini aja saya denger nama itu masbRO
nah ada informasi juga, walaupun serangga ini sepintas mirip semut, tapi ternyata serangga ini lebih di golongkan ke golongan ordo kumbang coleoptera
lah trus coleoptera itu apaan???
gini deh, masbRO pernah liat kumbang yang sayapnya keras minta ampun
yang modelnya hampir kayak gini

pernah kan ???
nah kalo masih belom paham juga
masbRO pernah nonton film beetle borg kan????
mirip gitu dah

kalo mau dirunut klasifikasinya kayak gini masbRO (Kloet. 1977)

Kindom animalia
Phylum ARTHROPODA
Class Insecta
Order Coleoptera
Family Staphylinidae
Genus Paederus
species Paederus fuscipes

gimana ???
bingung kan????
sama….. apalagi saya….

oke deh kita lanjut yang gampang2 aja
jadi sbenernya, Serangga tomcat ini termasuk kedalem rantai makanan
biasanya sih dia makan hama wereng…..
nah terus yang makan tomcat ini siapa?
biasanya sih burung dkk (yang doyan aja )

nah yang jadi intinya
sbnernya ini orang-orang bisa manggil itu serangga jadi tomcat gimana ceritanya ???
nah sambil saya googling nyari arti kata “KAMSEUPAY”
enh nyantol lagi di Kompas
menurut yang saya baca di kompas “Masyarakat menyebutnya tomcat, mungkin karena bentuknya sepintas seperti pesawat tempur Tomcat F-14”
welehhhh, orang saya aja gak pernah perhatiin bentuknya pesawat F-14
trus bukannya rata2 bentuk pesawat tempur mirip2 gitu ya???

hmmm… tapi
Kompas juga ada pendapat satu lagi masbRO….
kalau ternyata nama TOMCAT itu juga sudah di gunakan di luar negeri yang jadi merek produk pengontrol populasi hewan pengerat, kayak tikus dan produk lem semut, jadi kalo menurut saya
pengamblan nama tomcat untuk serangga ini, lebih dekat kaitannya dengan produk lem semut itu
karena ada kemungkinan beberapa populasi penduduk pernah menghalau serangan serangga yang di sebut “tomcat” dengan lem semut yang bermerek “tomcat”,
ya hampir2 mirip dengan orang2 di beberapa daerah yang menyebut sepeda motor dengan sebutan “honda”


tomcat untuk produk pembasmi tikus


tomcat lem semut…..

nah kalo itu menurut saya
kalo masbRO bisa dapet kesimpulan sendiri
bagus juga tuh…..
kalo ada kesalahan mohon koreksinya masbRO

oke deh

#salam satu jiwa masbRO……

19 responses to “ini serangga kenapa di kasih nama TOMCAT??? dari Pesawat??? nanti dulu………

  1. vixy182 March 22, 2012 at 1:20 pm

    untung gak sampe ketmpt ane ni tomcat…

  2. Gogo March 22, 2012 at 2:26 pm

    beetle brog emang kern.. fave pas sd..

    keliatannya emang namat tomcat identik dg “hama”..

  3. Hourex150L March 22, 2012 at 7:15 pm

    Tomcat / jerry mouse kartun series lae Bro..

  4. bimo96 March 25, 2012 at 7:31 pm

    untung dilumajang ga ada😀

  5. NURLAELA BURHANUDDIN March 26, 2012 at 10:38 pm

    @Hourex150L hahahaa setuju, sempat kepikiran jg td sama tmn” tu kata. LOL
    TomCat, pertama dnger kata itu kyk dnger sepasang kekasih deh Tommy dan Catty. soalnya kmaren nnton RIWAYAT yg diomongin itu Tommy Chrust yang istri terakhirnya namanya Catty. hahahahaaa

  6. Rifai17 March 28, 2012 at 9:44 am

    haha…
    Ngakak gue bacanya Gan.

  7. harga laptop March 28, 2012 at 2:53 pm

    serangga tomcat termasuk serangga predator tapi tidak mengigit manusia. Habitat hidupnya di lahan pertanian dan ia adalah perusak tanaman pertanian misalnya padi. Ia baru akan masuk ke rumah-rumah warga atau mendekatinya manakala ada sinar cahaya lampu. Yang penting jangan kita tepuk pada saat hinggap di kulit, cukup ditiup saja

    • nsx125 March 28, 2012 at 3:02 pm

      hmmmmm
      bener banget om saya denger juga emang di tiup aja tomcatnya
      tapi kalo enggak salah
      biasanya korban-korbannya
      kena racun dari tomcat
      itu pas tidur
      nah biasanya
      keluar tuh gerakan reflek
      pake tangan, di gebuk tomcatnya
      alhasil kena croot tomcatnya dah:mrgreen:

  8. Si Boen March 28, 2012 at 5:26 pm

    Tks infonya ttg “Tomcat”..saya baru cari pesawat jenis apa yang dinamai “Tomcat” itu dan alhamdulilah sekarang sdh terjawab.Tapi saya masih penasaran mengapa pesawat tempur F-14 dinamai “Tomcat” ? Apakah karena pesawat itu gesit dan larinya kencang seperti TOM si kucing dalam film kartun TOM and JERRY ? Hehehe…btw,sdh dapat kepanjangan KAMSEUPAY belum ? KAM= kampung,SE=sekali, U=udik,PAY=payah…itu istilah yang dipakai anak muda untuk menyebut orang yg “ndesit” sekali..

  9. dheryt March 29, 2012 at 6:35 am

    tomcat itu, si kucing tom n jerry……….

  10. Grey Ghost March 30, 2012 at 9:27 pm

    Pesawat F-14 Tu dinamain tomcat soalnya mematikan… Tomcat yang lagi marak skrng lebih beracun daripada sblm nya

  11. dony March 31, 2012 at 2:56 pm

    iya sebenere dah bener karna mirip F-14 bkn nama lem.,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: