SI BUDI KECIL


selamat siang masbRO

sebelom ke kantor sempet mampir ke alfamidi deket kantor
cuma buat beli akua botol, sekalian cari semangat hidup
soalnya, dari semua minimarket, emang alfamidi deket kantor yang audisi pemilihan karyawan perempuannya paling……
oke dah langsung to the poin aja…, gini pas lagi pura2 kebingungan nyari akua botol (biar disamperin sama mbaknya)
tau2 itu alfamidi nyetel lagunya iwan fals…
judulnya
Sore Tugu Pancoran
akhirnya malah jadi bengong dengerin tuh lagu
enggak lama si mbak2 kasir cengengesan
akhirnya saya sadar, kalo saya dari tadi bengong di depan rak pembalut…. hadeh…..

sampe kantor
saya langsung kepikiran
soal si budi kecil

tentunya nasib sibudi kecil ini kalah jauh sama nasib si afika oreo

coba deh kita telaah satu persatu liriknya

Si budi kecil kuyup menggigil Menahan dingin tanpa jas hujan
kalo ini jelas2 miris kan??
sering saya liat di depan malang townsquare, banyak banget anak2 jualan tahu asin, yang ketiduran tapi kondisi pas hujan deras….. astaga, kalo dipikir2 kehujanan itu hal biasa buat mereka, sampe mereka bisa tidur dalam kondisi hujan… disini ada yang bisa????jelas saya enggak sanggup masbRO, jangankan tidur di hujan2an
naek motor dari kota batu ke malang kena hujan aja saya langsung masuk angin……..

Si budi murung menghitung laba Surat kabar sore dijual malam, Selepas isya melangkah pulang
pernah liat kejadian kayak gini??
saya pernah….tapi bedanya mereka pulang bukan kerumahnya….
tapi ketempat pengasuhnya…. yah apesnya kalo setoran kurang pasti di omel2in sama pengasuhnya
malah dulu sekitar 3 tahun lalu waktu saya jadi ketua pelaksana acara jurusan
himpunan kami menyewa gedung samantha krida
waktu itu sekitar jam 10 malam saya dan panitia2 melakukan pengecekan di gedung sebelum besok acara dimulai
jarak 5 menit, ada 2 anak kisaran umur 6 tahun dengan baju kumel lari2 masuk ke dalem samantha krida
2 anak itu langsung ngomong “mas-mas tolong mas, aku mau di tusuk”
langsung saya bingung…dan bingung mau ngapain
soalnya dalem benak saya yang enggak gampang percaya sama orang
saya enggak berani mikir kalo apa yang dikatakan kedua anak itu jujur atau bohong
saya cuma bilang “siapa yang mau nusuk???”
langsung di sahut kedua anak kecil itu
“itu mas…uangnya kurang”
“oalah setoran???” sahut saya….
“iyo mas…”

selang beberapa detik,
ada bapak2 naik astrea grand…berhenti di di depan gedung yang kami sewa
langsung menghampiri kami
“kamu kenapa dikejar2 sama dua orang itu nak???” tanya bapak itu kepada 2 anak kecil
“anu pak uangnya kurang” sahut kedua anak itu
“kamu disuruh nyetor???” kata bapak itu
” iya pak” jelas 2 anak itu
” ayo ikut aku ke kantor polisi ae” ajak si bapak

langsung ke dua anak itu di bonceng si bapak pergi dari gedung yang kami sewa…..
hmmmmm
saya cuma bisa bingung masbRO….
dan enggak bisa ambil kesimpulan apa2

Anak sekecil itu berkelahi dengan waktu, Demi satu impian yang kerap ganggu tidurmu, Anak sekecil itu tak sempat nikmati waktu
hmmmmm
ya emang begitu nasib sibudi kecil masbRO….
jujur saya sendiri, sangat jauh nasibnya dengan si budi kecil
yang berkelahi dengan waktu jelas adalah kedua orang tua saya….ketika saya masih kecil
di mana tiap bulan semua anaknya harus bayar spp, dan mereka harus bayar cicilan rumah, cicilan motor
kalo jatah saya dulu
cuma sekolah, makan, tidur
beda jauh kan????

salut buat si budi kecil…


Cepat langkah waktu pagi menunggu, Si budi sibuk siapkan buku, Tugas dari sekolah selesai setengah

ini dia… salah satu sifat yang sampe sekarang saya kagumi
si budi kecil ini
memang hebat juga dalam menejemen waktu
bisa banting tulang setengah mati….
tugas sekolah bisa di kerjain juga biarpun setengah
kalo saya dulu…yang enggak pak e banting tulang
kadang tugas malah enggak dikerjain… saya bner2 enggak patut dicontoh

tapi sekarang… kadang saya liat
kalo banyak anak2 yang dipaksa buat minta sumbangan
yang di modali beberapa amplop
yang tulisannya “untuk biaya beli buku dana spp”
tapi saya cek kadang, pagi sampe malem mereka keliling
buat minta sumbangan “lah kapan sekolahnya???”
oke ini jelas ada orang dibelakangnya yang memaksa mereka berpura2 jadi sibudi kecil (dalam arti sekolah)

nah masbRO
dari ulasan diatas
malah menimbulkan dilema dipikiran saya
1 hal alangkah baiknya kalau banyak orang yang memiliki jiwa sperti si budi kecil
dimana dia meraih impian dengan kerja keras, sama sekali tidak menyia-nyiakan waktu sedari kecil

namum hal lain mengatakan berbeda, tragis juga kalau anak kecil sudah harus berpikir tentang besok harus makan apa,
sekaligus memikirkan tugas sekolah, bayar SPP, dll

hmmm….
sepertinya.. kita cukup dengan menyisipkan sifat si budi kecil
dalam diri kita….
pada bagian enggak ada yang namanya “EASY MONEY”
dan rasanya kita harus bersyukur, sudah diberikan kehidupan yang jauh lebih nyaman daripada si budi kecil

oke masbRO
#SALAM SATU JIWA

6 responses to “SI BUDI KECIL

  1. rio March 2, 2012 at 3:36 pm

    mayan juga ni tulisan,,,,,,,
    sampai meneteskan air liur aku,,,
    eeeeehhhhhh salah,,,,,,, air mata
    wkwkwkwkkwkwk
    salam sejahtera ms bro,,,,,,,,

  2. bimo96 March 5, 2012 at 9:18 pm

    menyentuh cak!!😀

Leave a Reply

