4200 Kilometer bersama New Jupiter –MX manual clutch # part 1


Selamat siang masbRO semua, …….

Udah pasti masbRO semua, tau lah motor bebek yamaha yang sempet rame di omongin di dunia Blog otomotif, yang saya maksud, New Jupiter -MX, yang seperti kita tau motor ini merupakan versi upgrade dari Jupiter MX, oke masbRO di artikel ini saya mau coba sharing pengalaman saya mengendarai new Jupiter MX manual clutch selama 4200 KM

Bagian luar :
sampe 4200 kilometer ini yang saya perhatikan tidak ada gejala cat yang warnanya memudar, warna tetep kinclong, dari awal saya beli sampe sekarang, nah perlu diinget juga, nilai kilometer, tidak berkorelasi terhadap, kepudaran cat, malah sebaliknya, semakin sering motor nganggur di area terbuka maka makin rentan cat motor akan memudar, selama ini motor paling sering saya parkir di depan kantor, biasanya sih mulai dari jam 10 pagi sampe jam 7 malem….
sampe sekarang gak pudar sama sekali, hal ini di perkuat pas saya jejerin di sebelah NJMX warna serupa (merah maroon) keluaran 2012 waktu mau servis ke BERES Yamaha, bagian reflektor juga masih bening banget masbRO, Cuma ada sih bagian yang penyok, bagian plat nomor depan, yang penyok parah gara-gara di hajar sama papan nama yang terbang, pas angin gede seminggu suntunk di malang……(syukur gak kena kepala)
bagian kenalpot udah item lagi masbRO…ini juga berkat masukan dari temen2 yang komen di artikel saya yang beberapa waktu lalu……
velg sama sekali enggak spleng,

kelincahan…
menurut saya kelincahan dari NJMX sama sekali enggak bisa dibilang buruk juga, tapi dibilang terbaik juga enggak, tapi sih yang saya rasa, kalo buat nikung sambil rebah (gak rebah2 amat) sama sekali enggak limbung, dan setelah rebah untuk membuat posisi motor menjadi tegak, sama sekali enggak sulit, dan sampai sekarang enggak ada perubahan, tetep mantep…

performa
performa mesin, untuk NJMX menurut saya ketika awal sebelum di servis pertama, itu sedikit lebih baik, dalam hal akselarasi… karena menurut feeling saja setelah melakukan servis pertama akselarasi agak sedikit berkurang,
untuk bensin saya lebih sering menggunakan pertamax plus, tapi enggak jarang juga masukin selang kuning ke tangki bensin, sampai 4rb kilometer ini ada satu ciri dari motor saya yang selalu saya ingat, ketika pagi ingin menghidupkan mesin, apa bila menggunakan bensin premium, harus melakukan beberapa kali kick starter baru mesin bisa hidup, dan apa bila menggunakan pertamax plus sekali sela langsung hidup, tapi sempat beberapa kali saya menemukan keanehan
ketika pagi dalam kondisi BBM pertamax plusharus melakukan 3 kali kick starter supaya mesin baru hidup,, eh gak taunya saklar lampu utama masih aktif, lalu keesokannya saya coba dengan mematikan saklar lampu utama terlebih dahulu, baru melakukan kick starter, dan akhirnya cukup sekali sela, langsung hidup, untuk oli mesin sampai saat ini masih tetap menggunakan YAMALUBE sport
untuk mencari top speed belum pernah saya lakukan hingga mentok… saya baru mencapai 115 KPJ

yang masih jadi pertanyaan saya…..

1. setelah motor dibawa bepergian, dan ketika ingin mematikan mesin sesaat terdengan suara ‘cletak’ dari dalam mesin, hal ini pernah saya sampaikan dibeberapa forum, dan jawabannya “suara itu memang ciri khas NJMX”, hmmm apa benar?

2. dari awal NJMX ini datang, setiap mesin panas terdengar suara seperti “tik..tik..tik” dari dalam mesin dan suara itu sepertinya makin terdengar cepat ketika RPM makin tinggi, gejalanya hampir sama ketika supra 125 saya sudah waktunya setel klep, ( tapi apa iya motor baru datang dan sudah servis pertama harus setel klep lagi)
kemaren juga baru servis tapi tetep gak ilang hmmmmmm

3. ketika motor ingin di tegakkan setelah di standar miring, ada gejala seperti anjlok (hal ini cukup terasa) dari shock breaker depan di salah satu sisinya,

dan berikut juga ada sharing dari forum facebook

Yolan Nendi Gw yang NJMX AT Masbroo Top speed nya 120km/jam …
January 4 at 5:36pm ·

Iman Setya Sencaki jah, belum service perdana. baru masuk minggu ke 3 motor w, km jga baru 450, tapi dah pernah w genjot sampai 110 kpj dipantura sih….January 4 at 9:05pm

Ferto Feriyanto home stir kurang nyaman bro. stlah di stel di bengkel resmi kerasa berat. blik lagi kebengkel resminya di kendorin, dipke 2 hr malah koplak, ngbanting bgt. ke bengkel gk resmi yg biasa langganan sblm punya NJMX, home stir dikencengin blik lgi rada berat, kadang msh kagok klo mcet. Kt montir yg bengkel langganan, yamaha home stirnya gk punya kuncian beda sma merk mtor yg inisial H sama S. jadi cuma ngedrat gt. tapi gk thu jg dah. ad bengkel yg rekomended nyetting home stir biar ky pertama kali pke gk bos? January 5 at 11:01pm

oke masbRO
#salam satu jiwa

22 responses to “4200 Kilometer bersama New Jupiter –MX manual clutch # part 1

  1. trishinu February 17, 2012 at 5:35 pm

    pertamax

    lanjutkan trus bro..

  2. ya2kzzz February 18, 2012 at 11:18 am

    mangtaafff aku jg punya mx..memang handal..

  3. bimo96 February 18, 2012 at 8:39 pm

    supra q lho 120kpj .. masak Mx cuma 115😀

  4. Mas Wiro February 23, 2012 at 5:52 pm

    Wahhh…
    Bisa ngebut ya…??
    aq takuutttt….

  5. theo March 14, 2012 at 2:33 pm

    Mx standart gue, top Speed_nya 132 km, keluaran 2009….
    ayo tak nteni……

  6. Timothius Simon June 29, 2012 at 4:53 pm

    NJMX kalau di matikan dalam kondisi panas ya pasti hampir selalu bunyi cletak, karena NJMX kan kompresinya tinggi, jadi begitu mesin di matikan alias pengapian di hentikan, pasti putaran mesin akan menurun drastis, jika pistonnya sedang pada posisi akan melakukan kompresi pasti nendang balik karena gak kuat, jadinya berbunyi cletak deh. Itu hampir terjadi di semua motor yg berkompresi tinggi.

  7. Timothius Simon June 29, 2012 at 4:58 pm

    Kalau motor di matikan dan terdengar bunyi “tik tik tik” itu adalah hal yang wajar. Itu adalah efek dari pemuaian logam yang panas karena pembakaran.

  8. ardan August 14, 2012 at 8:34 pm

    OJMX saya juga lho gan. klo pke premium suka dinyalain pas pagi hari. dn klo pke pertamax cuma sekali ‘sela’ kick stater doang langsung ‘grenggg’🙂

    berhubung hrga pertamax cs lgi hobi naik2 trus, OJMX ane nenggak premium trus skrg. maklum ane mahasiswa.😀

    *salam MX Rider gan!!

  9. Zat November 17, 2012 at 8:22 pm

    wah mirip bgt tu mas bro,,pnya ane jg sring bunyi *cltak* klo d mtiin..trus bunyi *tik..tik..tik..* sma jga klo abis pke jrak jauh..b’arti njmx smua sma..
    Tp klo speed ane tmbus tuh nympe 130 kmj,,msih stndar pbrikan oli yamalub sport..ane skrang klmter 7400an lbih..

  10. han December 23, 2012 at 9:21 pm

    Dulunya saya jg binggung knapa ada bunyi cletak pada saat mesin dimatikan,, ternyata setelalah lihat SERVICE MANUAL JUPITER MX ternyata camsaft jupiter mx telah mengunakan bandul atau pemberat yg berfungsi ketika mesin dimatikan maka bandul bekerja membuat camshaft berhati pada posisi TOP,, artinya piston dalam kondisi melakukan langkah HISAP dan klep dalam kondisi bebas… fungsinya agar lebih mudah di hidupkan… jadi jika gejala celetak pada motor yang mengunakan teknologi ini,,, itu NORMAL.

  11. rroossyyiidd June 8, 2013 at 2:55 pm

    Keren deh pokoknya,🙂

Leave a Reply

