Dilema akan bensin Premium dengan mesin berkompresi tinggi


oke masbRO
selamat tengah malam
udah 2 hari gak posting neh…..gara2 lupa password #akibat keseringan autologin :mrgreen:

oke masbRO…
neh jujur aja, di bulan ini agak banyak pengeluaran tak terduga sehingga terjadi “penurunan di kubikasi” di dompet, yang akhirnya menjadi membuat saya harus mulai menata ulang pengeluaran saya, dan menjadi mancing “hemat beib” mania,
mulai dari ganti diterjen dari merek attack jadi sabun colek,
ganti rokok sampoerna mild ke tali jagad
bahkan sms dari HP saya alihkan jadi sms gratis via online….

nah saya mulai berpikir, kayaknya enggak adil kalo si MX gak ikut berpartisipasi dalam progeam hemat 100 hari saya 👿 , yang biasanya dia makan enak alias bensin merah alias pertamax plus bakal saya infus pake bensin premium

nah tapi kayaknya, buat menginfus si MX yang berkompresi tinggi (10.9 : 1 ) dengan premium, tidak se-sreg saat saya ngisi bensin premium ke si supra yang berkompresi tidak terlalu tinggi,
karena saya sendiri sudah pernah mengetes, bagaimana performa mesin MX dengan menggunakan premium, pertamax, sama pertamax plus,
apalagi dengan efek knocking yang terjadi pada mesin motor berkompresi tinggi yang di jejali dengan bahan bakar beroktan rendah,
nah tapi dari pengalaman, saya sering sekali melihat orang yang mengendarai motor dengan kompresi tinggi ( CS-1, jupiter MX lama, dan satria FU ) mengisi bensinnya dengan bensin premium,

dan saya juga sering mendengar kalau motor yang di jual diindonesia dengan spesifikasi kompresi tinggi sudah di sesuaikan agar tidak sakit pencernaan saat mengkonsumsi bensin premium, tapi jujur saya sendiri dengan munculnya informasi ini malah membuat saya semakin bingung “lalu apa gunanya kompresi motor tersebut di jejali kompresi tinggi, kalau masih di setting bisa menggunakan premium???”dan sebenarnya mana jenis bensin yang tepat karena settingan yang sudah disesuaikan, apa kita harus menuruti kompresi???atau settingan ??

nah akhirnya hal tersebut yang membuat saya 2 hari-dua malem membuat kata “kompresi, bensin premium, knocking” jadi keyword favorit saya di google…..

yang pertama saya menemukan dari forum yahoo answer, karena ternyata ada juga yang pernah bertanya seperti saya (paling senasib ini, kena sakit dompet stadium lanjut)

diantaranya banyak yang menjelaskan seperti ini

1. ini penjelasan yang bikin saya nyedot rokok sampe kayak orang gila

kalau motor kompresi tinggi seperti contoh mx dan cs1 dibiasakan di isi bensin premium efeknya pembakaran jadi tidak sempurna, jadi sebenarnya banyak sisa bahan bakar yang terbuang,ruang mesin cepat kotor/berkerak dan bisa mengakibatkan catalis converter/saringan pengurai emisi cepat rusak dan juga siapa bilang motor kompresi tinggi dikasih premium nga nglitik/knocking?,coba didengerin lebih jelas lagi?,kan motor komponen klepnya kecil? nga seperti mobil? jadi suara knockingnya kurang jelas…
-sebalknya kalau motor kompresi rendah di isi pertamax kalau untuk efek jangka pendeknya sih bagus,karena motor jadi lebih kencang dan lebih responsif.Tapi yang perlu diingat kalau motor berkompresi rendah komponen piston,blok cylinder dan ring piston tidak di desain untuk menahan kompresi tinggi dan panas hasil pembakaran di atas premium,,efeknya blok,ring piston cepat aus…
miris kan???????

2. ini penjelasan saya yang bikin saya sampe salah bakar rokok (malah filter rokok yang saya bakar)
coba membantu

memang MX dan CS1 mempunyai spek kompresi yg tinggi.
disarankan memang utk menggunakan bahan bakar pertamax.

knp ada yg mengisi premium? itu hak individu dan faktor ekonomis.
bila berlangsung lama pakai premium, bisa menyebabkan sisa pembakaran tak terbakar sempurna, meninggalkan kerak di saluran buang, di klep ( bisa bocor kompresi ), dan kerak di muka piston. Kotoran sisa pembakaran di dalam ruang bakar bisa mengganggu bahkan bisa rontok ke ruang bakar dan menyebabkan boring baret/lecet.

bila memang harus isi premium, interval utk servis besar yaitu membersihkan ruang bakar di percepat. utk mejaga kebersihan ruang bakar.

semoga bisa membantu
materi referensi:
motor sendiri.

3. dan ini penjelasan yang bikin semangat hidup saya mulai balik masbROOO

namanya juga indonesia… d indonesia, masyarakat biasanya tidak mempedulikan soal oktan… saat saya membeli motor juga (CS1) para montirnya juga mengatakan bahwa CS1 menggunakan premium… katanya sich gag ada efeknya…

sepanjang pengetahuanq, bila motor dengan kompresi 10 keatas menggunakan premium, maka power akan turun, dan akan cepat terjadinya kerak didalam mesin… namun hal tersebut dapat diatasi dengan service seraca teratur (tiap 2000 km).

“namun hal tersebut dapat diatasi dengan service seraca teratur (tiap 2000 km).” ini yang ikin semangat hidup saya mulai balik ommm,,,

4. hidup itu indah…… :mrgreen:
premium untuk mesin dengan rentang kompresi antara 7,0:1-9,0:1.
kalo pertamax untuk rentang kompresi antara 9,0:1-10,0:1.
dan pertamax plus diantara 10,0:1-11,0:1.
sebenarnya pihak pabrikan sudah merancang motor yg di pasarkan di indonesia untuk tahan terhadap kondisi bahan bakar disini (sudah disesuaikan dengan kondisi BBM di indonesia).
misalkan untuk jupiter MX. sah2 saja kalau MX pake premium asal memakai nya tidak ekstrim misal digunakan untuk balapan.
dan walaupun MX mempunyai rasio kompresi yang cukup tinggi ( rasio kompresi MX 10,9:1 ) namun MX mempunyai tekanan kompresi yang rendah. jadi efek knocking kalo pake premium bisa minimal.
Edit :
Contoh tekanan kompresi itu waktu nyelah/engkol, pada jupiter MX terasa ringan padahal rasio kompresi sampai 10,9 : 1. Dan cara mengecek tekanan kompresi dengan cara menyumbat lubang ( pakai jari tangan, busi dibuka terlebih dahulu ) tempat busi dan engkol. Rasakan tekanan yg ditimbulkan. Pada motor 2 tak dan sebagian 4 tak cara mengetahui kompresi masih bagus seperti ini. Bila tekanan kuat tenaga bagus tapi bila tekanan lemah tenaga mesin loyo. Tekanan kuat biasanya menghasilkan tendangan balik pada piston yg lebih kuat, apalagi jika dibarengi pengapian yg lebih maju (advance) tekanan akan semakin kuat.
Di situs yamaha sepertinya tidak mewajibkan jupiter mx untuk pakai pertamax. Hanya disarankan untuk memakai premium tanpa timbal ( unlead gasoline )

” hweheheheh emang saya gak buat balepan kok masbROOO, cuma buat nyalip alay sruntulan doang :mrgreen:

oke masbRO…..
dari 4 jawaban diatas
saya ambil kesimpulan

kita mau isi premium atau pertamax mana yang harus diturutin ???
kompresi mesin kah???
settingan pabrikan kah???

jawaban saya ya turutin kubikasi dompet masbRO sekalian aja :mrgreen:

# salam satu jiwa masbRO

===========UPDATE=============
ternyata saudara kita ada yang lebih nekat neh masbRO
silahkan di cek


kalo kurang jelas
neh tulisan commentnya masbRO
naga laut says:
December 13, 2011 at 2:37 pm (Edit)

ninin 250 pake premium terus mas bro, biasanya sekali aja pake pertamax saat habis gajian, setelah itu premium terus. Kl msalah knoking di ninin mulai pake premium ampe pertamax plus jg msh terdengar bnyi tik2…utk performa alhamdulillah msh joss top speed nyaris 170 km/jam. Bedanya kl pake pertamax plus mesin malah cepet panas tp sedikit lbh halus drpd premium. Mobilitas sy tinggi mas bro, pake premium aj biaya perbln ampe 1,2 jt utk mobil dan motor, lha kl pke pertamax bs 2,5 jt, kasihan anak istri jatahnya dimakan bbm.
Krn keuangan trus pake premium msh manusiawi kq bro

wooogh
ini dapet share lagi dari pengunna setia MX masbROOO
mx lama sampe MX baru udah di cobain semua


neh kalo yang kuran jelas tulisannya masbRO

tenang mas bro ane udah pake MX generasi lawas dulu (4 tahun) minum premium seumur hidup, pertamax sekali sebulan doank itu mesinnya tetep jos.
NJMX ane yang baru sekarang minumnya juga tetep premium ngikutin jejak kakaknya, awalnya ane pilih kenapa premium karena gak bisa merasakan signifikan perbedaan akselerasinya.

makasih banyak ya infonya masbROOOO

44 responses to “Dilema akan bensin Premium dengan mesin berkompresi tinggi

  1. Ari Semarangan December 13, 2011 at 7:36 am

    wah. Panjang bener . . Jadi naek turun m0c0ne . .

  2. kang ariz December 13, 2011 at 10:02 am

    wEKEKEKEK………………….
    MURID E SULE IKI…………

  3. bimo96 December 13, 2011 at 1:49 pm

    ulasan yang jelas,,, soalnya lg bikin proposal nie mo minta FU 🙂

    http://bimo96.wordpress.com/2011/12/13/mbah-e-byson/

  4. naga laut December 13, 2011 at 2:37 pm

    ninin 250 pake premium terus mas bro, biasanya sekali aja pake pertamax saat habis gajian, setelah itu premium terus. Kl msalah knoking di ninin mulai pake premium ampe pertamax plus jg msh terdengar bnyi tik2…utk performa alhamdulillah msh joss top speed nyaris 170 km/jam. Bedanya kl pake pertamax plus mesin malah cepet panas tp sedikit lbh halus drpd premium. Mobilitas sy tinggi mas bro, pake premium aj biaya perbln ampe 1,2 jt utk mobil dan motor, lha kl pke pertamax bs 2,5 jt, kasihan anak istri jatahnya dimakan bbm.
    Krn keuangan trus pake premium msh manusiawi kq bro

  5. Endrix December 13, 2011 at 5:14 pm

    tenang mas bro ane udah pake MX generasi lawas dulu (4 tahun) minum premium seumur hidup, pertamax sekali sebulan doank itu mesinnya tetep jos.

    NJMX ane yang baru sekarang minumnya juga tetep premium ngikutin jejak kakaknya, awalnya ane pilih kenapa premium karena gak bisa merasakan signifikan perbedaan akselerasinya.

    http://www.sejutaumat.com/2011/12/13/perbedaan-spek-nova-sonic-vs-cs1/

  6. Ya2kzzz December 13, 2011 at 7:38 pm

    mongtor saya juga MX..premium terus dari baru thn 2007..sekarang masih aman terkendali..maklum duit pas2an dan juga nggak buat motor saja.. 🙂

  7. vixy182 December 13, 2011 at 9:43 pm

    waktu pertama beli vixi juga pertamax full tank..setelah itu premium seterusx…he..he..ga nahan hargax sama isi dompet

  8. Andy December 13, 2011 at 11:18 pm

    Aq dah 5 tahun pake mx…domisili malang timur mentok,,alhamdulillah pake premium trus,no problem..lha dsni gak ada spbu yg jual pertmx plus…si mx bru 1x minum pertmx plus,di spbu rampal,haha

  9. ryo December 14, 2011 at 10:38 am

    ane make pertamax cuma 1000 km pertama… habis tu terserah isi dompet… 🙂

  10. aam sbb rr December 14, 2011 at 2:32 pm

    walah, mas, rusak mesin karna kotor trs servis ganti blok/3thun: 1,5 jutaan!
    klo pke pertamax di hitung selama 3 tahun bisa lebih dari 4 jutaan

  11. Amrull El Noor December 16, 2011 at 11:18 am

    motor saya vixion, dl pas kos msh dkt kantor saya slalu isi pertamax,, emg krasa bedanya pke premium sm pertamax, mesin lbih halus, akselerasi lebih respon, power & top speed jg jd lebih di banding premium…
    tp skrg saya sering nya pke premium, coz skrg kntor tetep cm udh ga kos lg, pp kantor- rmh sktr 120km, bayangin aja brp byk duit klo saya isi pertamax trs, sebulan total hampir 3000km jarak tempuh saya…

  12. Anonymous December 18, 2011 at 11:22 am

    Ulasan yang menarik mz broo.,,
    d(^_^)b

  13. black devil December 23, 2011 at 12:37 am

    waduh kok sama dgn problem saya,motorku vixion dr awal sampe detik ini juga pake pertamax sdh 12 bln.pake pertamax emang bikin jebol dompet.sempet tanya sana sini gimana vixi pake premium?banyak bilang”tidak apa2 kok aman”sempet dilema juga sih tapi saya tetap komit pake pertamax karna pernah beberapa kali adu dengan sesama vixion terasa bedanya kalo vixion pake premium napasnya pendek,vixion pake pertamax napasnya panjang banget apalagi jalan tanjakan tenaganya ga ada habis2nya.dan yang terpenting dari awl beli sampe sekarang perfomanya tidak berubah samasekali serasa baru terus.makanya saya siasati bbm msh1/2 tangki sudah di isi cukup 20rb aja,walau tdk penuh,

  14. shogun110tromol January 14, 2012 at 2:21 am

    FD110 saya pake pertamax (soalnya hemat dan trayek sehari2 kuliah juga gak jauh, paling 16-17 km PP)

    seminggu sekali isi 20rb, kalo isi premium malah hemat banget, 10rb seminggu, sebulan cuman abis 40-45 rb…..dengan pertamax jadi 100rban, tapi gakpapa, yang penting mesin sehat :mrgreen:

  15. junedz January 19, 2012 at 3:27 pm

    titan ane bertahan pake pertamax…krn kompresinya megharuskan itu….

  16. reedvalve March 15, 2013 at 11:07 am

    mantap kk infonya … jadi ga galau lagi hahahahahahaha

  17. sayid May 11, 2013 at 3:59 pm

    vega r ane selalu minum pertamax campur premium

  18. elzarpp August 29, 2013 at 7:45 pm

    jupiter mx saya dari tahun 2007 sampe sekarang selalu minum premium dan ga ada masalah apa apa ko

  19. arif September 16, 2013 at 7:31 am

    Motor q scorpio pake bensin bunyiya kasar,aku tanyain bengkel katanya setingan bbm y pertamak….karena kompresiya besar,,,,trus gmana ya biar jd premiun,ahirya aku kurangin kompresi ya alhamdulilah tarikan makin enak dan makin laju…..

  20. JoelMX MERAH September 23, 2013 at 2:12 pm

    hahahahaha….bikin galau…?? sesuaikan dengan kondisi keuangan aja lah…

  21. Agus indra December 17, 2013 at 3:49 pm

    Saya mau nanya mas bro,

    pasang step undrbone
    apakah berpengaruh sama blok mesin(gampang panas)apa gmn ???

    Tolong informasinya

  22. Agus indra December 17, 2013 at 3:53 pm

    Ass.mikum ???

    Hy bro ku mo nanya nih tentang motor new jupiter MX cewe klo d’modif pke step underbone apakah berpengaruh sama blok mesin nggak,ea inti nya cepat panas app gimana ???

    Tolong donk informasi’nya ???

    Sebelom’y makasih ea bro…!!!

  23. iwan s January 4, 2014 at 9:18 pm

    Ya kalau pas tanggal tua gimana mau isi pertamax, mending lah isi premium yang [penting bisa jalan dulu …. 😦

  24. Anonymous February 15, 2014 at 9:33 am

    ap ajalah asal kan halal
    gw mah aman2 aja dr 2006 smpe saat ini ok2 aj pk premium
    .yg pnting jantungnya hrus sehat
    .

  25. sus March 26, 2014 at 12:33 am

    kasih gambar cara ngetop koperesi jup mx bos

  26. imam August 13, 2014 at 12:33 am

    beginilah masyarakat indonesia,udah tau biaya perawatan motornya mahal,tapi masih aja di beli.
    kalau ga mampu ga usah di beli.

    #jelas2 yang buat motor itu profesor,ir dll.pasti dia lebih tau semuanya di banding elu-elu pada !!!

  27. Black MX January 17, 2015 at 6:34 pm

    MX bapak ane dari pertama beli tahun 2005 sampe sekarang nih motor ane yang pake selalu minum premium terus belum pernah sekalipun diisi pertamax tapi mesin masih tetep bandel

  28. Yoas Roland March 27, 2018 at 8:13 pm

    Yahh… NJMX 2011 ane udh brumur hmpir 6 taun, tp jarak tmpuh yaa.. bru 34 rb km.. sjak kluar dealer dikasih Premium krn memng gk ada pilihan di daerah,.. umur 5 taun ttap pke premium dan slama itu gk prnah ganti Part slain Busi dan oli ssuai jdwal, kondisi ttap bgus.. dan.. 1 taun trakhir muncullah Pertalite dan ssekali ada si biru Pertamax.. cobalh pke Pertalite lalu Pertamax.. dari kdua jnis BBM itu suara knalpot lbih sdikit brisi dan padat sama sprti rasa tarikan gasnya.. coba pke Premium lgi, suara knalpot agak ringan dan tarikn gas juga lbih enteng.. saya pikir kok bgitu, apa krna Premium lbih cpat trbakar lalu trasa jadi plong.. tapi krna katanya kl kompresi tnggi diksih Premium trus bisa ada efek jleknya di kmudian hari jd bingung juga…

Leave a reply to Black MX Cancel reply