buat yang baru pindah ke motor kopling manual dilarang ngelamun dijalan…….


selamat malem masbRO semua
sebelom nonton final Indonesia VS Malaysia
mau posting dulu dikit ah…..

ini sekedar tips aja buat rider-rider yang baru hijrah dari motor kopling otomatis ke motor kopling manual,
karena postingan ini murni dari pengalaman saya dimana saya udah kebiasa bawa si jalu (astrea star >>>> buat yang mau ceritanya ada disini) 2 tahun, trus si supra 1 tahun, dan pindah ke new jupiter MX manual clutch
kita persempit kategorinya jadi yang saya maksud kopling otomatis yang urutan transmisinya N-1-2-3-4 ke
kopling manual tipe transmisi return 1-N-2-3-4-5 / 1-N-2-3-4-5-6 atau kalo motor masbRO semua dipasangin mesin bus malem bisa sampe 7…..

oke yang pertama apa aja efek dari bengong kalo pas kita mengendarai motor…

1. lupa urutan gigi

nah ini dah masalah yang paling populer kalo pas kita bengong
ato bisa juga kita lagi ngobrol sama orang yang kita bonceng
anggap aja kita lagi di kecepatan tinggi udah di gigi 4 dalam posisi bengong,
nah pada intinya kalo kita bengong mengendarai motor biasanya kita selalu mengandalkan insting bermotor, ato feeling yang udah biasa kita pake waktu pake motor auto clutch
nah tau2 kita mau tambah kecepatan motor kita masbRO
langsung dah tuh kaki ngebentuk model penari balet alias si ujung depan kaki turun kebawah…
bukanya naikin gigi malah nurunin gigi

oke selanjutnya masbRO pasti tau apa kejadiannya mesin langsung ngeden enggak karu-karuan yang suaranya bisa-bisa mirip kayak gajah lagi dsunat….

ini sekitar seminggu lalu udah terjadi ke saya masbRO…..
pas lagi bonceng si dia waktu jalan2
alhasil mesin si MX langsung saya buat ngeden
tapi saya sih ambil positifnya aja
si-dia langsung nemplok-plok ke punggung saya, sampe semut aja gak bisa lewat..:mrgreen:
oke masbRO itu jangan ditiru karena dijamin
mesin motor masbRO bakalan mati muda dengan sukses….

2. trus yang kedua dilampu merah

kalo ini kejadian beberapa tahun lalu masbRO, waktu baru mulai-mulai belajar naek motor kopling
saya paling susah buat start awal dari gigi netral ke gigi satu soalnya sering mati gara-gara enggak bisa mencocokan lepasan kopling sama puntiran gas
saya sering paranoid kalo ngeliat lampu merah…
hadeh berenti lagi-berenti lagi….
dulu saya pernah pas kondisi jalan padet bener
eh ketemu lampu merah, kalo enggak salah dulu motor yang saya naikin itu satria FU temen…
nah posisi saya pas di tengah masbRO…
karena waktu saya pas belajar …. motor selalu mati pas ngelepas kopling puntiran gasnya kurang
nah pas itu saya gedein puntiran gasnya….
tapi gara-gara paranoid saya udah mnyebar ke seluruh tubuh tangan saya keringet dingin dah…
tau 2 gara2 licin keringet.. tuas kopling langsung kelepas penuh (sungguh ini gw gak sengaja.. jadi jangan pada ketawa)
langsung masbRO tau dah kejadiannya apa …
saya mendadak jadi logo ferrari… alias mirip kuda jingkrak….motor saya mendadak ban depannya ngangkat enggak jelas
selanjutnya tau apa yang terjadi masbRO???
gw serasa punya kekuatan menghentikan waktu…
kok bisa???
iya masbRO… soalnya pas lampu ijo dimana biasanya pengendara2 motor langsung melajukan motornya…
nah pas waktu itu beda…
begitu lampu ijo nyala + motor saya loncat semua orang malah diem ngeliatin saya….
apalagi orang yang ada didepan saya, soalnya gara-gara itu motor loncat, spakbor belakangnya kebentur sama ban ban depan saya…
tatapannya sama persis sama guru saya waktu saya mecahin jendela kelas pas maen volley waktu SMP…😯
cuma gara-gara motor-motor dibelakang saya udah pada ngelakson akhirnya saya selamat dengan sukses…..
langsung dengan ngegas tersendat-sendat saya nyalip tuh bapak2 (maklum blom lancar:mrgreen: )

oke masbRO….
jadi di poin ini kalo emang masbRO masih blom pada lancar buat starting awal
jangan sekali-sekali pas ketemu lampu merah posisi masbRO ada di di tengah, kalo enggak ya kejadiannya bakal kayak saya tadi,
atau juga jangan sampe posisi masbRO ada di paling depan, iya kalau kejadiannya kayak saya tadi, masbRO bakal dapet posisi logo ferrari dan bakal keliatan cool banget… bisa standing….
tapi kalo kejadiannya lain, bukannya standing, tapi malah mesin motor mati gara2 RPM kerendahan pas buka tuas kopling…
masbRO bakalan diseruduk dari belakang …
okelah kalo motor yang nyeruduk..paling motor masbRO cuma bakal lecet…
nah kalo truk, truk molen, trus bis malem…kayaknya enggak bakal saya jelasin dah… daripada nanti banyak yang paranoid sama motor kopling…

nah usahakan posisi masbRO ada di belakang dimana enggak terlalu banyak kendaraan yang berjejer di belakang masbRO, dan jaga jarak sama motor yang ada di depan…

ato bisa juga masbRO pasang stiker di belakang motor
” jaga jarak. baru belajar koplingan ”
kayaknya lumayan efektif tuh….
oke masbRO kapan-kapan saya tambah lagi tips-tipsnya

tapi waktu saya udah punya si MX saya udah lancar abis masbRO.. sueer dah…
kalo kejadian nomor 1 itu bneran gara-gara saya bengong, jadi saya jangan dianggap cupu-cupu amat hwahahahhah #nangis
tapi naik motor kopling itu enak kok… ada sensasinya sendiri masbRO…..
oke masbRO mudah2an tips-tips saya ada gunanya…
piss
# salam satu jiwa…

148 responses to “buat yang baru pindah ke motor kopling manual dilarang ngelamun dijalan…….

  1. shogun110tromol November 21, 2011 at 11:36 pm

    hahaha, saya malah gak bisa motor kopling *jujur

    baru kemaren ini megang motor kopling untuk yang pertama kali, Jupiter MX punya temen (persis punya ente lah, beda warna aja)……dulu sempet nyoba punya temen, Minerva Madass, tapi yang ada mesinnya mati mulu……boro2 pindah gigi….

    akhirnya, mengandalkan referensi dan pengetahuan teoritis soal kopling (yang amat sangat terbatas:mrgreen: ), saya berhasil membawa MX manual clutch itu pindah gigi sampe gigi 2 tanpa mati mesin, hahahaa:mrgreen:

    naek motor kopling itu punya sensasi sndiri:mrgreen:

  2. unk November 22, 2011 at 12:18 am

    udah nyoba bawa vespa masbro??
    sensasi nya bukan cuman dari kopling nya, tp dari perseneling/operan gigi nya juga, d tangan kiri masbroo, mantaaap bikin keder yg baru blajar…
    tp saya blajar motor pertama pake vespa lhoo, dan ga nemuin kesulitan berarti…
    hehee…

    • penggemar ninja November 22, 2011 at 8:30 am

      biasanya klo dah jago bawa vespa, bawa motor apapun gampang…:)

      ane aja masih kagok bawa vespa..hehe

    • nsx125 November 22, 2011 at 9:16 am

      wew…
      saya dari dulu blom pernah kesampean naek vespa
      katanya temen-temen emang susah naek vespa kalo enggak biasa
      hmm tangan kiri
      jujur neh ya…
      sampe sekarang kadang saya masih ribet naek MX pas lagi ngopling trus mau kasih lampu belok… :mrgreen:
      sekalinya udah bisa ngasih lampu belok
      eh lupa matiin sampe 1 km

      • andre September 2, 2014 at 9:25 am

        waduh bro ane baru sekitar 2 tahun pake motor kompling oto, hari ini baru coba pake tiger revo mati terus tanjakan gak kuat lama kalo macet khususnya beur” ane jadi serem kalo ketemu tanjakan kalo selebih itu gak masalah, polisi tidur/jalan raya

  3. Amrull El Noor November 22, 2011 at 8:51 am

    beuhhh… hahahaha klo kejadian ane dl lebih memalukan lg mas bro… pas boncengin cewe cakep pake motor F1zr, pas itu jalan keluar parkiran agak nanjak, walhasil krn lg baru2 nya megang motor kopling(motor pinjeman), tu motor pas nanjak mati trs, tk starter- masuk gigi- lepas kopling- mati… hehe ampe berkali2… jadi malu bgt gw, untung tu cewe cm tmen, klo gebetan bs ilfeel sm ane….
    klo skrg ci lancar jaya…

    • nsx125 November 22, 2011 at 9:19 am

      nahh
      bner dah masbRO
      pas mati di tanjakan itu dulu lumayan susah juga mau nge pas-in irama RPM sama lepasan tuas koplingnya
      jangankan tanjakan, orang saya dulu mau lewatin polisi tidur aja ribet bner😆
      tengkyu sharingnya masbRO

  4. Pak Bambang Nunggang Byson November 22, 2011 at 4:05 pm

    aku juga dulu gitu, jadi tontonan anak sekampung nek lewat tikungan dan tanjakan

  5. mas wahyu November 22, 2011 at 4:39 pm

    Kebalikannya,tadi pagi mau nambah gigi malah tak congkel,ya si supra jadi jerit

  6. ipanase November 22, 2011 at 6:48 pm

    ane pertama pake kopling, eh pake matic,,,KRAM semua kakinya

  7. bybre aka brembo November 22, 2011 at 9:57 pm

    hehehe…
    Kuncinya di setengah kopling…. Dan gantung rpm di 2000 an.
    Sebelum make motor temen (apapun merknya)
    pastikan 2 sampai 3x cek bebas tuas kopling (sampai mana bukaan tuas kopling hingga motor terasa bergerak maju)..
    (krna masing2 rider punya ciri khas make kopling)…

  8. bimo96 November 22, 2011 at 10:35 pm

    ane gak bisa berkopling

  9. Hourex150L November 24, 2011 at 8:27 am

    Bus malam giginya sampai 16 Mas..😀

  10. hdy November 25, 2011 at 2:45 pm

    gigi sopirnya tuuuhh…

  11. Pixen December 5, 2011 at 4:25 pm

    duh pe detik ne ane masih paranoid kalo ktmu lampu merah,,😦
    enaknya gmana seh?

  12. bangun inspirasi January 15, 2012 at 11:37 am

    walah apa emang kalo baru nyoba motor kopling mesinnya sering mati? tuh penyebabnya apa aja yagh?
    soalnya saya juga msh baru2 nyoba nih kirain emang masalah sama motornya

    • axo92 May 20, 2012 at 4:59 pm

      kurang pas aja bro waktu nglepas kopling sama buka gasnya..:)
      *sok ngajarin, padahal sendirinya juga masih teritung newbie.😀

    • primusfu October 31, 2012 at 9:30 pm

      Karna kpling kan penghubung antara mesin dengan transmisi nah klo rpm sma kplingnya gak sma mka mesin akan kehilangan tenaga dan mati…

  13. herdhani May 8, 2012 at 11:56 am

    baru mau belajar nih..mdh2an cepet bisa..hehe..

  14. axo92 May 20, 2012 at 4:57 pm

    hahaha… ngakak bener saya masbro.😀
    pengalaman pertama bawa motor kopling sekitar 1 taun yg lalu, OJMX 2006 titipan orang. *jangan ditiru..😀 soalnya memang nggak pernah dibolehin sama ortu, katanya ,”motor kopling=motor kenceng”
    awal2 nyendat2, setelah muter2 beberapa kali lumayan lancar. tapi kalo pas tanjakan, amit2! mati terus..😀
    pengalaman juga di lampu merah, gugup pas mau angkatan awal nglepas kopling kecepetan+rpm mesin tinggi. *kebetulan ojmx nya udah modif alay ban kecil, lah langsung deh roda depan ngangkat+bunyi decit di ban belakang.😀
    tapi yah syukur sekarang pake fu lancar jaya, meskipun kadang masih deg2an kalo di lampu merah..😀

  15. Pingback: Mendadak Alay « cintaputih92

  16. Anonymous June 27, 2012 at 11:01 am

    Bismillah..he2..bisa2 aja nich yang pada bagi pengalamannya..salut banget nich sama semuanya..biasanya postingan banyak yang jelek2in merk motor..tapi ini super lucu

  17. Anonymous June 27, 2012 at 11:03 am

    hidup motor kopling..

  18. Fahmi SFU July 22, 2012 at 9:13 pm

    ane suka tips yang suruh nempelin stiker “jaga jarak, baru belajar kopling”…
    hahahahahha….. kayknya efektif juga….😀

  19. waxman September 1, 2012 at 7:17 pm

    mas nsx125 postingin dong cara naek motor kopling honda CBR 150R yg lengkap

    • nsx125 September 5, 2012 at 3:30 pm

      wew
      nanti aja masbRO
      soalnya seumur2 belom pernah nyoba ngetes motor diatas 25 jutaan (mentok2 tiger—-itu juga minjem)
      wakakkakakakakk
      mudah2an ada kesempatan

  20. Chandra Agung September 5, 2012 at 12:33 am

    seruu juga postingannya🙂 mas brooo ….

  21. sFU September 9, 2012 at 1:50 pm

    waktu kemaren gue bawa motor kopling ,

    pas di jalan raya sih lancar” aja , eh pas ketemu tanjakan mesin nya mati terus😀

    sampe sekrang masih kepikiran , dan pengen nyoba lagi ,
    gue sekrang ga bisa kopling soal nya di rumah gue motor 3 matic semua hadehhh

  22. Ryan Aldiansyah September 18, 2012 at 5:31 pm

    Om , kasih tips donk buat ane..

    Gmn cara nge lintasin tanjakan , agar enggak mati ??
    dari posisi Gear 1 ..

  23. qsan September 24, 2012 at 7:28 pm

    m0tor kupling susah bnget
    Slah lepasin kupling dikit bisa loncat lohh…masbro

  24. muslem September 25, 2012 at 8:17 pm

    ok mantap nih postinganya,,ane juga pernah ngalami kejadian yng memalukan sama yan ada di atas,rasa percaya diri iti teris hilang seketika dan ahirnya melakukan kesalahan mengoperasikan motor kopling,,,,duuh tambah malu banget,,tapi sekarang sudah agak lancar kalo di jalan datar,kalo di tanjakan,,masih takut banget karna sering mati di tengah2 tanjakan dan ahirna gobrak jatuhde,,,,,hehehe

  25. Iptaana October 12, 2012 at 7:51 am

    saya kan baru belajar naik vixion, tapi kenapa pas saya masuk gigi 1 dan tuas kopling saya tarik trus saya puter gasnya kok gamau jalan ya? itu gimana sih😀 maklum baru belajar pake kopling manual hehe

  26. Anonymous October 23, 2012 at 1:04 pm

    ane ga punya motor gans

  27. suzie October 30, 2012 at 9:19 pm

    hahaha seru abiss baca pengalaman agan2, iseng2 nih ane jg browsing secara baru mau pake motor kopling. meski dah biasa ngebut pake jupiter z tp pas coba motor kopling gemetaran keringat dingin nih apalagi kalo jalanan super macett. permasalahan yg dihadapi sama.. mesin mati.. huhuhu kalo jalanan sepi lancar asi dah tp berhubung jalan yg dilewati harus berjibaku di antara truk2 pasir jadinya ane keteteran dibuatnya.

  28. AUL November 2, 2012 at 3:02 am

    Jadi inget pas awal belajar motor kopling dulu…
    Hehehe..
    Nice post…

  29. Mio November 8, 2012 at 10:00 pm

    kirain rumit belajar motor kopling,ternyata kaya nyetir mobil gampang dah klo gitu…..

  30. irvani November 14, 2012 at 2:46 pm

    aku baru beli MX tapi gak bisa makeknya.. hakakakak….

  31. rofiq December 3, 2012 at 9:01 pm

    : sya juga gtu dulu mz br0w,pas belajar koplingan…rasanya itu lucu tapi bikin malu..:-D

  32. edo bagus December 4, 2012 at 3:05 pm

    Kalo ane, pertama kali belajar motor kopling pake ninja 250 pinjeman.
    Tiap ketemu poldur mati mulu, udah gitu susah bgt nyari gigi netralnya. Wakakaka

  33. delvin roy December 9, 2012 at 9:24 pm

    kopling manual emang ribet kyknya !! seumur-umur ane blm prnh cba mtr kopling manual hehehhe😀 tpi rencananya mau gandeng minerva 150 vx haduhhhh ribet kli yah heheheh

  34. ayoi December 22, 2012 at 11:34 pm

    lucu, nice share gan…pengalaman ane pake motor kopling sampe loncat, karena ribet bawa barang bawaan…..emang nih motor kopling rada ribet klo dipake belanja…:D

  35. jack January 1, 2013 at 2:02 am

    aduh gan makin keki aja ni ane pgen bwa kopling,pdhl rencana mau beli saef kayanya klo pemula malu2in bgt y djln motor sampe loncat,di tanjakan mati.mtr bru bklan bnyk lecet dong

  36. Anonymous January 4, 2013 at 11:28 am

    hadeuuuhh ,,,,jd deg2an nee,,,si ep udh nongkrong drumah tp blum brani nyoba,,,dtambah ada kuda jingkrak,,,,udh kbayang ntarnya kek apa d jalan

  37. Sigit January 7, 2013 at 9:37 am

    asli ngakak baca artikel ini😆

  38. erik January 22, 2013 at 12:19 pm

    hahaha lucu bgt ….

  39. ardi January 30, 2013 at 12:24 am

    lucu juga baca pengalaman orang2…soalnya kalu ane dari dulu motornya pake vespa jadi sekarang mau naek apa z bisa…bersyukur dech…tapi buat masbro2 yang baru pada belajar koplingan, intinya feeling kita harus kuat sama tunggangan kita….teorinya udah di jelasin tuh sama yang mpunya blog…peace buat semua…

  40. joe February 9, 2013 at 7:22 pm

    hahahaahahahaahah….. sama persis semuanya kaya gue, pas di depan angkot motor gue mati gara2 buka kopling langsung lepas,

  41. JackAss March 1, 2013 at 10:53 am

    Yohohohoho, ngakak banget baca artikel ini. Btw nice info gan😀 Respect buat agan

  42. Hanli March 4, 2013 at 8:06 pm

    Wah… Jadi keinget pengalaman ane bawa vixi nya temen. waktu nanjak msin nya mati.. Tambah lagi jalan sempit, mobil di belakang pencet2 klakson gara2 bokong motornya ampir kena bumper mobil… Saking paniknya mtor gak mau hidup… Duh… Parah abis pkoknya!

  43. har March 14, 2013 at 12:26 am

    Nice posting , jadi inget pertama kopling 4taun lalu
    Ane beli ojmx, tp pas ditanyain, bisa motor kaga, ane dengan polos jawab “kagak” , ane belajar sendiri 5 hari lumayan lancar, dan pas stnk jadi ane langsung pergi jauh ketemu doi, untung ga mati dijalan, walau pulangnya mati dijalan juga😀, sekarang udah lancar banget malah kram pake matic -_-, tapi kopling sensasinya mantap, apalagi kalo udah terasah , keep trying🙂

  44. Shoeltan March 24, 2013 at 9:04 am

    saya pernah naik vespa wlaupun msh smp hehehe……😀

  45. vixioner April 17, 2013 at 5:14 pm

    komenya lucu2 bgt,spt penglmn sy.pk vixion bs menurunkan berat badan smp 3kg krn strees..smp2 pingin dijual aja mtrnya.ha..ha

  46. Iptaana April 19, 2013 at 11:15 pm

    ahahaha thanks gan. sori baru repp baru buka blog. sekarang ane udah lancar gan ngendarain motor kopling manualnya hihihi. asik jug bawa kopling greget ny ada wkwk

  47. Angga May 4, 2013 at 7:38 am

    wahh..banyak nambah pengalaman krn baca blog ni buat saya yg (akan) belajar pake motor kopling…jdi g sabar pengen latihan hehe tp serem juga klo mendadak jadi ‘logonya ferrari’ wkt lampu merah wkwk

  48. wulan May 26, 2013 at 5:09 pm

    haha’….
    ane kaga’ ampe segitunya gan…
    brarti ane termasuk berhasil yah..

    cuma masih males ngurangin gigi…
    haha’ alhasil.
    glegek’… MATI kalo pas jalan lambat.. ato pas belok gigi masih 4 ato 5’an…
    . uda d kash tau.. kalo belok jalan pelan-pelan… ggi kecil.. kopling stgah.. gas jgan di abisin😀

    tp ya namanya msh blajar ya gan…
    otak ama tangan kaki… blm sinkron* amat…😀

  49. anonymous May 28, 2013 at 12:40 am

    wkwkkwk, adeh, mirip bgt perasaanya kalo lagi lampu merah. Gimana ya cara nurunin gigi dengan mulus abis kecepatan tinggi? Gua pake new vixion, pas tanjakan pernah mati dan gua ga bisa nahan berat motornya. Postur tubuh gak sesuai sama body motornya wkwkwk.

  50. Ricky Freestyler's June 4, 2013 at 3:50 pm

    wah kalau difacebook udah pada ane Like Likein nih komenan😀 lucu lucu pengalamannya,,

    #nice post

    • Juni June 8, 2013 at 7:24 pm

      Aduh ane jdi deg”an nh, mau belajar mtor kopling, dlu pernah pke mtor’a sodara tpi ssah bnget mesin nya mti-mtian trus, alhasil ak pke mtor yg biasa yg gak pkek kopling, ini rncna nya mau nyobain lg dah mtor kopling, msih pnasaran?????

      Do’ain yah plen mga lncar
      Aamiin

      • kakaimey July 13, 2013 at 9:43 am

        idem, ane juga barua belajar,…. pas sihidupin mati mulu,.. sampe ditinggalin dijalan,…. manggil sodara buat bantu jalaninnya… heheheh jadi kepingin malu…. tapi tetep penasaran,…. pingin bias.

  51. donnie July 3, 2013 at 1:41 am

    wakakakak.. kocak bgd gan!
    ane ampe ngakak sendiri tengah malem pas baca ini :p
    ane juga baru belajar kopling nih, motor sering mati pas polisi tidur.
    kudu punya muka tembok deh (tahan malu), secara belajar’y di komplek. hahaha..

  52. Anonymous July 26, 2013 at 2:06 pm

    BANG nsx125 , postingin cara belajar ngendarain vespa dong ,
    hihihi , soalnya ane baru belajar nih

  53. Anonymous July 29, 2013 at 4:07 pm

    wah, ane malah baru belajar gan, padahal udah kuliah :malu: suka malu sendiri kalo mati pas polisi tidur, apalagi tanjakan
    nice share gan

  54. Anonymous August 6, 2013 at 10:52 am

    oh iye deh bang

  55. ryan August 22, 2013 at 3:28 pm

    kalau mesin udah terasa mau mati waktu jalan tinggal di kopling trus dibleyer-bleyer aja gasnya, nanti lepas lagi koplingnya perlahan

  56. Aswan September 21, 2013 at 9:44 pm

    Nunggu spacy d pinang orang. Rencana pengen NVL. Jadi deg2an nih.. Mentoknya brapa lama yah gw bisa lancar… Soalnya klu pinjem temen malu.. Gw hrs punya dulu nih… Hatur nuhun tips 2 nya bro n sis. Duh makin penasaran aja nih.

  57. saiful September 24, 2013 at 9:35 am

    Mas bro ane maw searing. Ni
    Ane kan dah perna cuba
    Klx ama vxion hanya bisa jalnin 25km\h. Cuman mainin 1.n.2.3
    Tp cuma djalan datar muter2 doa.k maklum tkuut jtoh
    Kira” bisakah ane pakek mx 135??

  58. Nunung October 8, 2013 at 2:09 pm

    Wah sulit ya bawa motor berkopling, make metic aja hehehe.

  59. Anonymous October 10, 2013 at 12:18 pm

    Kalo pas ktmu turunan gmn y? apa biarin mtor jalan gak pake d gas + tarik penuh kopling, atw gmn?

  60. Fatah November 21, 2013 at 2:42 pm

    Gue nyoba MOTOR TRAIL gigi 6 punya sodara,tapi wktu baru nyalain motor nya dan mau pindah gigi 1 gue ngga bisa nyocokin kopling sama gas,jadinya mati2 terus deh.^^

  61. mbahbowo@yahoo.com December 8, 2013 at 9:40 am

    Terlalu beresiko pakai motor kopling, kapan hari teman kelindas truk muatan pasir karena mesin motor mati di tengah jalan gara-gara telat tekan kopling saat jalan macet, dia barusan belajar kopling. kasian mas, anaknya masih kuliah.

  62. Tomo December 20, 2013 at 8:53 pm

    ane_baru_pindah_juga_pake_mtor_kopling_dlu_sih_cuma_pake_bebek_geol….sbnernya_sih_udah_lumayan_lancar-cuma_kadang_masih_lupa_ni_masuk_gigi_brpa_jga_kadang_kalo_masuk_ditikungan/lampu_merah_suka_grogi_masih-suka_mati2_kadang_lupa_narik_tuas_kopling(mati_dah),,kdang_juga_slh_felling_nurunin_gigi_gtwNya_masih_nyantol_gigi_3_alhasil_digeber_gmw_jalan_mlh_mati_lg…Hahahaha…..tp_untungnya_distater_lgsung_ngacir_hehe…..malu_jg_tp_nmnya_belajar_lama2_jg_terbiasa..
    sama_ky_naik_kuda_beneran_kalO_FEELINGnya_g_pas_Ja”im_tuh_kuda_mrengek_molo_hahaha

  63. Sugeng February 24, 2014 at 9:22 am

    Wadduh…sulit tah gan?

    Ane rencananya mo beli GL

  64. Anonymous April 17, 2014 at 10:30 am

    Low kopling d,kaki giman mz bozt bisa gk…. Ahahahhaaha lbih sulit ri pd kopling d,tngan….

  65. dulhak June 10, 2014 at 6:59 pm

    kalau ane sih gak pernah seperti logo ferari gan,
    cuma mati aja yg sering di polisi tidur,
    sampe sampe liat polisi tidur aja rasanya mau stres.
    (dalam hati berkata) ribet amat nih motor pake acara mati segala

  66. Anonymous June 15, 2014 at 11:27 am

    ntah iye mas bro ne (Y)

  67. Anonymous October 14, 2014 at 10:19 pm

    bisa enggak mas…..klo kawasaki KLX pakai kopling otomatis

  68. jionrohmawan October 16, 2014 at 9:30 pm

    satu lagi yang mesti kita ingat, jangan lupa tarik tus koplong ketika hendak mengoper gigi, karena biasanya yang baru hijrah ke motor kopling dia lupa, seenaknya aja dia lepas tangan kiri, lalu oper gigi, otomatis motornya langsung oleng

  69. Fuadi October 27, 2014 at 9:35 am

    Trims bgt agan” ane dah bca mulai dri atas smpe bwh, mnbh wawasan tntng bagaimana memadukan perasaan dgn Megapro ane🙂

  70. kevin November 16, 2014 at 9:29 pm

    koplak gw nambah gemetar nih

  71. Anonymous November 19, 2014 at 8:15 pm

    Ane juga gan jadi pas ane di lampu merah ane paranoid dan hasilnya motor ane mati gara” gas terlalu kecil saat melepas kopling, sampe sampe diliatin sama mobil di belakang ane -_-

  72. Cysers ''Honda CS1'' November 28, 2014 at 2:05 pm

    nah lohh bisa loncat begitu kaya kuda ngamuk haha nyimak dehh sama pengalaman ente-.- motor impian ane tuh NewJupiterMX bro tapi malah tertarik beli CS1hehe *plok﹑.. Tapi yang ane sebelin waktu belajar kopling tuh kalo lagi jalan manteng sih biasa ajaa serasa udah jago, eh waktu ada polisi tidur ga nurunin gigi sama nurunin gigi sama2 mati mulu ga pernahh berasil ngelewatin udah gitu gabisa di starter harus di sela, waktu itu ga ngerti cara netral nya biar bisa di sela.. dulu ane belajar kopling pake Byson bokap ane, depan cewe belaga ganteng tapi mati mele cuma gara2 ngerem-.- tips ane sih gausa panik, santai aja kalo panik malah ngaco.. akhirnya sekarang udah terbiasa dehh.. Pepatah mengatakan bisa karena biasa broo sip infonyaa salam satu aspal

  73. Mardiansyach December 7, 2014 at 1:53 pm

    Alhamdulillah masBro wktu dlu motor pertama ane koplingan udah gt motor butut tua lah kalo g slah mah PosOne dr yamaha. Koplingnya bkin pegel keras bgt. Tp suaranya 2T tuh seauatu bgt. Skrng sih udh d jual
    N minta doanya biar kebeli motor lg rencana pengen 2T lg .🙂

  74. rindaman bando (steven chow foto fb) December 7, 2014 at 5:25 pm

    gila artikelnya bagus banget,ane tadinya cari cara belajar mobil ,tentang kopling,eh masuk ke sini ngakakk,brooo buat novel bro haahah n_n ,akhirnya gw dapet poin lagi janganbengong sama lupa

    12/07/2014 mantab n_n

  75. fadli December 10, 2014 at 10:13 pm

    Kocak ni baca komen komen😀 , ANE masih belajar nih, kalo didepan kita ada angkot kita rem mendadak, mati kenapa ya…. apa kurang penuh narik koplingnya? trus kalau turunan baiknya kopling di tarik, apa kita tetep nge gas? gimana kawan🙂

  76. Maula Yazh January 14, 2015 at 12:56 am

    siang tadi aqu melunasi pembelian 1 unit New Vixion KS..malam ngebrows cari2 tutorialnya (pemula) ..Allah mempertemukan pd pemilik posting ini dengan postingannya ..Disini ibarat Imam dalam sholat banyak makmumnya __
    1. Belajar itu menuntut ilmu,
    2.Yang sangat berharga disini pengalaman sbagai guru yg baik mengajak tuk berhati-hati
    3.Semoga semua selalu dalam perlindunganNYA selama berkendara motor/mobil dan selamat sampai tujuan ..seterusnya ..Aamiin Yaa Robbal’alamin

  77. Wahyu January 26, 2015 at 2:45 am

    Kalau aku dulu kalau waktu belajar mtor kopling pake tiger bpak ku sama adek ku, waktu awal start mati2 trus mesinnya Jadi aku sama adek ku dorong dulu kyak ban bocor tu tiger sambil lepas kopling full kecepatan udah 25km/h aku Loncat ke motornya, aku dah di mtor. Tapi adek ku masih lari ngejar aku hehe trus adk ku langsung lncat ke mtor tiger, Akirnya aku sama adk ku udah goncengan Langsung aku gas tinggi tu tiger. Aku coba jalan ke jalan raya rame tenan coy. . Stelah jalan2 agak jauh dari rumah bru aku sama adk ku kepinggir jalan mau putar balik ke rumah ehh mesinnya mati lagy. Aku hdupkan tu mtor aku lepas kopling mati2 trus Badanku kringat dingin jadinya. Trus aku dorong lagy kyak ban bocor tapi kenceng sambil lari 25km/h lah kopling aku lepas pull. Trus aku loncat ke mtornya aku dah naek, tapi adekku masih lari ngejar aku hehe stelah dkat sma mtor adk ku langsung loncat ke mtor tiger hehe akirnya aku sama adek ku udah naek trus ane pulang ke rumah dngan slamat. . Badan ku smpe brkeringat kayak mandi hujan gtu. Hehe. .
    tapi sekarang aku dah lancar bwa mtor kopling. Gak mati2 kyak dulu kala. . Haha. .
    pengalaman aku dulu kala gan, hahaha.

  78. daknez March 27, 2015 at 6:06 pm

    Eh tolol lu ngajarin orang naik motor kopling apa curhat ? Semua nya cerita hidup lu –” kalau mau curhat sama teman aja boss disini buat ngajarin orang yang ga bisa naik motor kopling buakn buat curhat –“

  79. Putra April 26, 2015 at 11:05 am

    belajar kopling itu gampang kok asal tau teorinya dulu,,, apa yg akn terjadi kalo gas ditarik tp kopling tdk dilepas, apa yg terjadi kalo gas ditarik sedikit dan atau banyak lalu ketika kopling dilepas full/lost. apa yg terjadi jika gas ditarikdan kopling dilepas pelan sedikit demi sedikit,,, jadi sblm kita belajar/praktek naikinnya mending minta penjelasan dulu sama yg udh biasa naik koplingan.. soalnya resiko naik koplingan itu bkn cuma mati2 saat start (itu sih biasa) nah kalo kita blm tau bisa2 kita jamping jumpalikan,,, soalnya kondisi kita waktu naik kopling pertama kali itu pasti tegang,, jd pas kita mau jalan nih karna blm mudeng cara kerja/kolaborasi antar kopling dan tuas gas biasanya nyendat2 kalo udh gt tanpa disengaja tangan kanan akan semakin menarik tuas gas alhasil motor semakin nyendat dgn penuh tenaga dan…. ngeeeeennggggg gedubrraaaaakkkkk hihihihihi

    • cinnamon May 6, 2015 at 5:03 pm

      Q lg bljr naek mtr kopling mati mati mulu pas d lampu merah,dpolisi tdr,d tanjakan,d tikungan,pas macet,secara belajar sendiri dari artikel2 doang,udah gtu g tau udah masuk persneling brp cz kan g kyk mtr kopling otomatis yg keliatan masukan brp ditambah lg susah nyalain lampu seinnya kagok ketakutan klo kopling setengah ampe kelepas.intinya susah klo g ada yg ngajarin dan d perlukan latihan yg rutin.dan klo bljr mtr kopling harus bermuka tebal(tahan malu).

  80. David D17 June 27, 2015 at 12:32 pm

    Gue pernah naik motor kopling pas belajar pake satria punya om gue pertama lancar pas di polisi tidur mati 1 kali paling parah pas mau nyebrang di pertigaan pertama lancar pas sampe tengah motornya mati hampir ditabrak sama satria (satria tabrak satria jadinya :v) terus mundur lagi cari gigi netral susah apalagi pas panik ankhirnya bisa nyebrang meski ndut ndutan motornya

    • herianto June 30, 2015 at 7:28 pm

      Sama mas bro.. pas nyebrang jalanan tuh motor udah kya kuda jnggkrak.+boros gigi sampe 5.motor gx mati sih tapi malunya.

    • Dany July 7, 2015 at 1:10 pm

      saya juga pernah coba suzuki thunder 125 ikuti teori,berhasil tapi suara motor meraung keras baru jalan. setiap jalan kalau tidak di gas tinggi pasti mati ketika di lepas koplingnya. sampai sekarang belum bisa pakai motor kopling,kesulitan lainnya ketika pindah gigi,aneh rasanya urutannya. juga motor tidak punya penunjuk angka gigi. benar-benar motor pakai kopling harus pakai feeling. saya juga heran kenapa banyak yg mengeluh ketika lewati polisi tidur sering mati,bukannya sama dengan lewati jalan berlubang,atau tanjakan. kalau saya lewati polisi tidur ya di gas normal saja,tidak pernah mati. kopling mahir kalau sering dipakai,teori bagus tidak menjamin.

  81. herianto June 30, 2015 at 7:23 pm

    Masbro..aq baru pertama punya motor kopling+bru blajar saranya apa y mas bro.??

  82. Rian August 19, 2015 at 5:33 pm

    Ane dulu SMA 2th pakai satria dan kopling lancar abies. Trus ane ganti motor matic, 10th nggak pake motor kopling lagi, palingan sekali 2x minjem motor orang, alhasil lupa broh, aslinya jadi lupa nyesuain nih kopling sama gas. Setelah kerja banting tulang,bulan kemarin ane kesampaian beli ninja rr, dengan PD ane bawa jalan langsung ke jalan raya segede bagong, awal maju lancar karena pelan2, tapi saat udah di jalan raya kagok dan grogi, ane jalan pelan banget sampai di libas sama cewe naik mio, di pinggir jalan orang2 pada ketawa ketiwi gitu, sekarang ane nggak pernah lewat jalan itu lagi. huahuahua.

    Setelah itu di lampu merah, sial banget karena padat ane kebagian di tengah paling depan, alhasil ane grogi abis, tangan kiri sama kanan masih musuhan, waktu lampu hijau kecepetan buka kopling, lupa tarik gas, dan motor ane mati! dan sepanjang jalan itu isinya bengkel motor, dan itu jalan yang harus ane lewati setiap hari, malu abis gan sumpah, besoknya ane beli kaca helm yang mirror jadi ngga kelihatan muka ane, sekarang setiap lewat jalan itu ane tutup kaca helm ane.

    Trus malam minggu ane pulang dinner pecel lele mau nganter tunangan ane, sekitar jam 12 malam, mau masuk tikungan ane turun gigi 4-3-2 lancar aman sentosa, trus sekitar ane banyak anak brotherhood lagi konvoi kan, dan tikungan itu kecil, tikungan itu jadi padet sama motor jadi ane harus turunin lagi ke gigi 1,sayangnya ane kurang nekan giginya jadi salah ngoper malah masuk ke NETRAL! alhasil mesin meraung kencang banget, semua anak brotherhood itu langsung melotot ke ane, disangka ngajakin ribut, dalam hati ane, “mati ane bisa dijadiin lemper nih”, yang keluar dari mulut ane spontan “buset netral” sambil ngeliatin spidometer, trus ane kepingin bilang “maaf bang, sumpah ngga sengaja” tapi nggak jadi udah kepalang malu plus bonus ngeri juga,ane pasang muka ngga berdosa langsung ngacir. huahuahua.
    Setelah itu mau masuk komplek rumah ane, banyak banget anak motor pada nongkrong, dan ane salah oper gigi lagi dari 2 ke 1, jadinya netral, motor ane meraung lagi. Dalem hati “sial bener hari ini”, untung masih hidup ane sekarang kaga dijadiin lemper, huahuahua.

    Setelah 10 th nggak pake motor kopling, untungnya cuma waktu awal banget mati sekali, sisanya ngga pernah mati tapi tiap maju tersendat2, suara knalpot jadi jelek banget, ketahuan nggak lancar bawanya, jadi banyak yang ngeliatin, bukan karena ane keren tapi karena ane kelihatan newbie. huahuahua.

    Saran sih kalau belajar kopling pakai motor 4tak knalpot standar, jadi nggak kedengeran belum lancarnya.

    Sekarang alhamdulillah udah lancar jaya.
    Berbagi pengalaman dari newbie ke newbie, kalau nggak mau mesin motor mati, buka kopling pelan2, sudah kerasa motor maju baru tarik gas. Kalau buka kopling terlalu cepat pasti motor mati.

    Di tanjakan jalan kosong, buka gas lebih besar sedikit dari jalan biasa (dikira2 aja, jangan terlalu banyak nanti salto), dan buka kopling perlahan.
    Di tanjakan jalan macet total (stop and go),
    1. bisa buka kopling perlahan sampai terbuka setengah sambil di gas sedikit
    2. maen tarik lepas kopling sampai full diimbangi gas sedikit (ane sih lebih suka ini dibandingkan tahan kopling setengah).
    3. cara 4L4y: tahan rpm biar nggak terlalu rendah dengan tarik kopling, gas dikocok, lepas kopling, maju dikit, tarik kopling gas dikocok lagi (jangan ditiru,ntar diketawain anak2 motor)

    Belajar kopling motor intinya, buka kopling pelan pelan dan gas pelan pelan juga. Inget kata “pelan pelan”, motor udah maju baru tarik gas lebih banyak dengan pelan2 juga.

    Langsung praktek teman2, seru😀

  83. supar August 27, 2015 at 10:43 am

    Saya baru pake motor laki..biar lebih afdhol saya langsung blajar dijalan raya..
    Entah udah brapa caci maki yg saya dapat hari ini…

    Hahahahaha

  84. Anonymous September 28, 2015 at 9:42 pm

    Kok pasti crita nya sama Y klo ditanjakan pasti mati..
    Aqu juga..
    Wkwkwkwkw

  85. Muchammad Syaiful Rochman October 10, 2015 at 4:19 pm

    kalau aku awam motor kopling tadinya,motor di rumah moped semua,langsung belajar kopling di mobil mpv,nyendal dan mati- mati mesinnya waktu mau buka gas,kopling di lepas terlalu cepat.

  86. Ottonk October 13, 2015 at 7:55 am

    Hhh kayaknya banyak yang ngalamin tu gan…hhh

  87. rafi ardyansyah October 20, 2015 at 6:35 pm

    Ane baru aja jatoh nih gan gara2 nunggangin CB150R bapak ane -_-
    baru belajar kopling juga sih… wkwkwk

  88. Yzf-R November 4, 2015 at 2:19 pm

    Saya pertama kali bawa R25 niatnya mau jadi keren ternyata malah jadi cupu saya mas, di jalan lumayan lancar pas tanjakan ini yg bajigur kaga jalan” udah gitu macet lagi , tau sendiri jakarta kan untung ajah di tolongin biker yg baik. Ampun dah itu mas , yg bikin malu lagi pas ganti gigi 2 malah N itu motor ngeraung kaya singa mas al hasil loncat tuh motor hampir nabrak tukang teh botol . Untungnya abis loncat tuh motor mati

  89. Hidayat Rachmad November 17, 2015 at 10:22 am

    mas bray mau nanya nihhh…
    pas naik jembatan + macet posisi ger lebih baik masuk brp ? trs posisi kopling nya di tahan setengah ato gimana…..??? motor satria fu

  90. Jojo November 27, 2015 at 6:30 am

    Salam kenal semua.
    Pada dasarnya motor kopling manual dan automatic hampir sama gak jauh beda. Kl di tanjakan sekiranya mesin motor mau mati karna gak kuat bisa nurunin gigi..misal di tanjakn pake gigi 3 dan rasanya mesin mau mati bs pindah gigi 2 dan sterusnya.lagian motor kopling manual lebih enak tenaganya buat tanjakan dari pada motor kopling automatic..motor saya dulu ( shogun) pake kolping automatic buat tanjakn -+ 60 drajat tanjakan harus pake gigi 1 dan setlah kopling autmatic saya lepas di tanjakn yang sama bisa pake gigi 2.

  91. Aep December 23, 2015 at 8:22 am

    Hehe seru jg nih baca koment nya,,, berbagi pngalaman soal mtr kopling,,
    awal sih emang sama blajar ya pke motor kopling dulu, mpe jatoh brapa kali, slanjutnya pas SMA ya pake motor yang giginya 3 hahaa,, strusnya ada pningkatan, dari bebek bergigi 4 sampe motor posh one yang pke kopling yang asepnya ngebul,,, hmmm,, lancar tuh,, nah pas kuliah smpe lulus dn kerja naik tngkat dpt motor warisan kk yaitu si Vega, sampe punya pcar jg.. hmmm,, yah gtu lah akhir2 ni pake motor kopling tiger 2000, padahal udh lama gak maen kopling jdi kagok lagy deh,,, yah karena suatu kejadian gagal nanjak tuh pas bonceng pcar, akhirnya kita putus deh,,, skrg msih pake tiger, karena masih sndiri nanjak jg jadi lancar…😀

  92. AxL January 22, 2016 at 3:57 pm

    hahahahhaa!!
    Ane jadi inget dulu waktu ane. Naik motor thunder,,, Milik temen sekolah gue waktu kedesak di lampu merah Pass hujan sore. pula, ane berhenti perlahan secara muluss. sambil ngurangin satu gigi Truss ane lepas tuas gass. Tau-tau nih motor mati Eh ternyata gua. Tadi masukin gigi 4-3. Alhasil motor mati. Lalu di belakang ane ada mobil tuh waktu lampu ijo, Tuh!!. Mobil klakson mulu. Sambil menahan keringat dingin yang terus menetes dan gue sambil berusaha.. Nyalain mesin Motor. Pakai Electrick Start Lohh Tiba2 Kok kagak bisa. Trus ane baru nyadar kalo. Tuh motor aki nya Dilepas. Lalu saya setelah Berusaha Selah Motor Tuh.. Kok Loss Tuh selahan Terasa enteng banget… Kayak Gk ada pirr,nya. Lalu ane Baru nyadar waktu di selah tadi. Koplingya Masih saya tekan Teruss. Yahh kok tetep kagak bisa, Lalu gua cek ke pinggir jalan Ternyata Ehh!! Ternyata. Carbulatornya Kemasukan Air… Hadehh!!
    #Pusing nih kepala

  93. dery January 27, 2016 at 8:55 pm

    saya di kasih motor fu..

    tapi saya ga bisa bwa nya.. malah mati mulu mesin nya…

  94. doremi January 27, 2016 at 10:53 pm

    pengalaman awal ane naik motor kopling minjem old satria fu temen pas SMA. mati2? jelas wkwk. Intinya kopling itu belajar timing bukaan kopling sm gas aja si menurut ane. trus Ane belajarnya dr stop lgsg masukin gigi 6 coba deh jalan. Pasti cepet hehe

  95. Reqter February 21, 2016 at 6:55 am

    Kalau pindah gigi , ngakdi kopling gimana masBRO

  96. Anonymous March 4, 2016 at 11:48 pm

    Penasaran ama motor kopling manual

  97. Anonymous March 11, 2016 at 2:33 pm

    wkwkwkwkwk

  98. Anonymous April 14, 2016 at 3:00 pm

    sbnernya duluuuuuu bnget, gw dh prnah lthan koplingan, & dlu gw dh mrasa ckup tahu cra kerja koplingan,
    trus baru aja untuk urusan kerjaan gw trpaksa agak dipaksa buat pake mtor verza, boncengin bos gw survey lpngan yg jraknya lmayan jauh & kondisi jalan sebagian kaya kali asat (sungai kering) hahaha
    alhamdulillah kjadian 1 terjadi, bbrapa kali gw menari balet dah….
    trus kjadian lmpu merah jg gw alami, mesin mati, untungnya gw dh ada frasat bruk dan mmposisikan motor di pinggir jalan….
    tp untuk perjalannya bsa d blang lncar, smua medan bsa gw hadapi dg mudah… yeeeee
    belajar terus dah buat para newbie, yakin aja

    • Anonymous July 3, 2016 at 6:22 am

      Baru pake cbr 150 r lumayan lancar mudah mudah selalu di beri kemudahan buat kawan2 yg lg belajar motor kopling amiiin

  99. tati September 5, 2016 at 1:42 pm

    Aduh mas bro bikin saya ketawa ngakak sampe batuk batuk…sumpeh lucu buanget heheheee…tpi btw jadi tambah ilmu soalnya ada niat pgn belajar motor kopling..thanks..

  100. rider September 26, 2016 at 10:42 pm

    Sya naik motor koplingan d jln lurus aja jatoh..itu critanya waktu plang kerja skitar jam 8 mlam pas mindah gear sy nengok kebelakang pling cma 5 detik nah waktu liat kedepan gua dh jatuh nggak tau nabrak apaan gua jin.iblis ato setan tpi waktu gua jatuh ngersa agak aneh sih.pdhal kecepatan rendah jlnan kosong sepi lgi, gara2 itu visor masih baru baret badn jga baret sampe gua kgk brangkat kerja 3 hr bro…nh pas gua crita ketemen cma di ketawain doang…itu bner2 sial buat gua ,,coba itu penyebabnya apa tau kgk

  101. Sahrul November 7, 2016 at 2:22 pm

    Paling malu tuh ane pas bawa fu di depan ada keributan trus motor mati . Saking paniknya motor di tinggalin di tengah keributan . Trus saya panggil aja yg punya motor.soalnya itu motor minjem

  102. Anonymous November 7, 2016 at 10:45 pm

    Selalu berusaha dan latihan pelan” kaya saya gan.. Sama saya juga baru belajar masih mati” tapi kalo jam terbang kita dah banyak pasti bisa

  103. Daffa November 15, 2016 at 3:49 pm

    Saya dari motor matic pindah langsung ke motor kopling dan blm punya pengalaman pula tentang motor kopling .. tapi bagus nya saya bisa adaptasi dengan cepat dan menurut saya cukup mudah mengendarai motor kopling itu
    Pindahan dari mio ke ninja hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: