selamat malem masbRO semua
sebelom nonton final Indonesia VS Malaysia
mau posting dulu dikit ah…..

ini sekedar tips aja buat rider-rider yang baru hijrah dari motor kopling otomatis ke motor kopling manual,
karena postingan ini murni dari pengalaman saya dimana saya udah kebiasa bawa si jalu (astrea star >>>> buat yang mau ceritanya ada disini) 2 tahun, trus si supra 1 tahun, dan pindah ke new jupiter MX manual clutch
kita persempit kategorinya jadi yang saya maksud kopling otomatis yang urutan transmisinya N-1-2-3-4 ke
kopling manual tipe transmisi return 1-N-2-3-4-5 / 1-N-2-3-4-5-6 atau kalo motor masbRO semua dipasangin mesin bus malem bisa sampe 7…..
oke yang pertama apa aja efek dari bengong kalo pas kita mengendarai motor…
1. lupa urutan gigi
nah ini dah masalah yang paling populer kalo pas kita bengong
ato bisa juga kita lagi ngobrol sama orang yang kita bonceng
anggap aja kita lagi di kecepatan tinggi udah di gigi 4 dalam posisi bengong,
nah pada intinya kalo kita bengong mengendarai motor biasanya kita selalu mengandalkan insting bermotor, ato feeling yang udah biasa kita pake waktu pake motor auto clutch
nah tau2 kita mau tambah kecepatan motor kita masbRO
langsung dah tuh kaki ngebentuk model penari balet alias si ujung depan kaki turun kebawah…
bukanya naikin gigi malah nurunin gigi
oke selanjutnya masbRO pasti tau apa kejadiannya mesin langsung ngeden enggak karu-karuan yang suaranya bisa-bisa mirip kayak gajah lagi dsunat….

ini sekitar seminggu lalu udah terjadi ke saya masbRO…..
pas lagi bonceng si dia waktu jalan2
alhasil mesin si MX langsung saya buat ngeden
tapi saya sih ambil positifnya aja
si-dia langsung nemplok-plok ke punggung saya, sampe semut aja gak bisa lewat.. 
oke masbRO itu jangan ditiru karena dijamin
mesin motor masbRO bakalan mati muda dengan sukses….
2. trus yang kedua dilampu merah
kalo ini kejadian beberapa tahun lalu masbRO, waktu baru mulai-mulai belajar naek motor kopling
saya paling susah buat start awal dari gigi netral ke gigi satu soalnya sering mati gara-gara enggak bisa mencocokan lepasan kopling sama puntiran gas
saya sering paranoid kalo ngeliat lampu merah…
hadeh berenti lagi-berenti lagi….
dulu saya pernah pas kondisi jalan padet bener
eh ketemu lampu merah, kalo enggak salah dulu motor yang saya naikin itu satria FU temen…
nah posisi saya pas di tengah masbRO…
karena waktu saya pas belajar …. motor selalu mati pas ngelepas kopling puntiran gasnya kurang
nah pas itu saya gedein puntiran gasnya….
tapi gara-gara paranoid saya udah mnyebar ke seluruh tubuh tangan saya keringet dingin dah…
tau 2 gara2 licin keringet.. tuas kopling langsung kelepas penuh (sungguh ini gw gak sengaja.. jadi jangan pada ketawa)
langsung masbRO tau dah kejadiannya apa …
saya mendadak jadi logo ferrari… alias mirip kuda jingkrak….motor saya mendadak ban depannya ngangkat enggak jelas
selanjutnya tau apa yang terjadi masbRO???
gw serasa punya kekuatan menghentikan waktu…
kok bisa???
iya masbRO… soalnya pas lampu ijo dimana biasanya pengendara2 motor langsung melajukan motornya…
nah pas waktu itu beda…
begitu lampu ijo nyala + motor saya loncat semua orang malah diem ngeliatin saya….
apalagi orang yang ada didepan saya, soalnya gara-gara itu motor loncat, spakbor belakangnya kebentur sama ban ban depan saya…
tatapannya sama persis sama guru saya waktu saya mecahin jendela kelas pas maen volley waktu SMP… 😯
cuma gara-gara motor-motor dibelakang saya udah pada ngelakson akhirnya saya selamat dengan sukses…..
langsung dengan ngegas tersendat-sendat saya nyalip tuh bapak2 (maklum blom lancar
)

oke masbRO….
jadi di poin ini kalo emang masbRO masih blom pada lancar buat starting awal
jangan sekali-sekali pas ketemu lampu merah posisi masbRO ada di di tengah, kalo enggak ya kejadiannya bakal kayak saya tadi,
atau juga jangan sampe posisi masbRO ada di paling depan, iya kalau kejadiannya kayak saya tadi, masbRO bakal dapet posisi logo ferrari dan bakal keliatan cool banget… bisa standing….
tapi kalo kejadiannya lain, bukannya standing, tapi malah mesin motor mati gara2 RPM kerendahan pas buka tuas kopling…
masbRO bakalan diseruduk dari belakang …
okelah kalo motor yang nyeruduk..paling motor masbRO cuma bakal lecet…
nah kalo truk, truk molen, trus bis malem…kayaknya enggak bakal saya jelasin dah… daripada nanti banyak yang paranoid sama motor kopling…
nah usahakan posisi masbRO ada di belakang dimana enggak terlalu banyak kendaraan yang berjejer di belakang masbRO, dan jaga jarak sama motor yang ada di depan…
ato bisa juga masbRO pasang stiker di belakang motor
” jaga jarak. baru belajar koplingan ”
kayaknya lumayan efektif tuh….
oke masbRO kapan-kapan saya tambah lagi tips-tipsnya
tapi waktu saya udah punya si MX saya udah lancar abis masbRO.. sueer dah…
kalo kejadian nomor 1 itu bneran gara-gara saya bengong, jadi saya jangan dianggap cupu-cupu amat hwahahahhah #nangis
tapi naik motor kopling itu enak kok… ada sensasinya sendiri masbRO…..
oke masbRO mudah2an tips-tips saya ada gunanya…
piss
# salam satu jiwa…
Like this:
Like Loading...
Related
hahaha, saya malah gak bisa motor kopling *jujur
baru kemaren ini megang motor kopling untuk yang pertama kali, Jupiter MX punya temen (persis punya ente lah, beda warna aja)……dulu sempet nyoba punya temen, Minerva Madass, tapi yang ada mesinnya mati mulu……boro2 pindah gigi….
akhirnya, mengandalkan referensi dan pengetahuan teoritis soal kopling (yang amat sangat terbatas
), saya berhasil membawa MX manual clutch itu pindah gigi sampe gigi 2 tanpa mati mesin, hahahaa 
naek motor kopling itu punya sensasi sndiri
wenaaaak….

saya dari dulu malah pengen nyoba rasanya naek minerva madass….
kayaknya eyecatching banget itu…..
dilanjut masbRO naek motor koplingannya
emang ada sensasinya sendiri
tank yu banget sharingnya
ahahaha……motornya tinggi kayak motor laki masbro (saya pendek sih :mrgreen:)
emang eycatching banget, hehehe
sip dah, sebenernya ada keinginan buat minang Shogun SP, tapi dananya sekarang cuman cukup buat ngerawat 1 motor aja
sip masbos
heehehheh
oke masbRO
mudah2an cepet dijemput shogun SPnya
amiiiiiin
amin masbro
Hahaha oke mas.. lumayan bwt blajar bawa ducati streetfighter sya yg baru hehe
udah nyoba bawa vespa masbro??
sensasi nya bukan cuman dari kopling nya, tp dari perseneling/operan gigi nya juga, d tangan kiri masbroo, mantaaap bikin keder yg baru blajar…
tp saya blajar motor pertama pake vespa lhoo, dan ga nemuin kesulitan berarti…
hehee…
biasanya klo dah jago bawa vespa, bawa motor apapun gampang…:)
ane aja masih kagok bawa vespa..hehe
wew…
saya dari dulu blom pernah kesampean naek vespa
katanya temen-temen emang susah naek vespa kalo enggak biasa
hmm tangan kiri
jujur neh ya…
sampe sekarang kadang saya masih ribet naek MX pas lagi ngopling trus mau kasih lampu belok…
sekalinya udah bisa ngasih lampu belok
eh lupa matiin sampe 1 km
waduh bro ane baru sekitar 2 tahun pake motor kompling oto, hari ini baru coba pake tiger revo mati terus tanjakan gak kuat lama kalo macet khususnya beur” ane jadi serem kalo ketemu tanjakan kalo selebih itu gak masalah, polisi tidur/jalan raya
beuhhh… hahahaha klo kejadian ane dl lebih memalukan lg mas bro… pas boncengin cewe cakep pake motor F1zr, pas itu jalan keluar parkiran agak nanjak, walhasil krn lg baru2 nya megang motor kopling(motor pinjeman), tu motor pas nanjak mati trs, tk starter- masuk gigi- lepas kopling- mati… hehe ampe berkali2… jadi malu bgt gw, untung tu cewe cm tmen, klo gebetan bs ilfeel sm ane….
klo skrg ci lancar jaya…
nahh
bner dah masbRO
pas mati di tanjakan itu dulu lumayan susah juga mau nge pas-in irama RPM sama lepasan tuas koplingnya
jangankan tanjakan, orang saya dulu mau lewatin polisi tidur aja ribet bner 😆
tengkyu sharingnya masbRO
betullll
http://hakimrodamas.wordpress.com/2011/11/22/gw-inazuma-250-akankah-bernasib-sama-dengan-thunder-250/
kayaknya senasib ini
aku juga dulu gitu, jadi tontonan anak sekampung nek lewat tikungan dan tanjakan
astaga….
piss om
sampe segitunya om
jadi tontonan
wedew
bararti lewatnya sampean selalu ditungu-tungu sama orang kampung
Kebalikannya,tadi pagi mau nambah gigi malah tak congkel,ya si supra jadi jerit
wakakkakakak
malah tambah kacau kalo dibalik
ane pertama pake kopling, eh pake matic,,,KRAM semua kakinya
wakakakkakakak

bingung mana yang mau diinjek
wkwkwkw…sama kang bro…biasane pke ayam jago semua maen ..ech ini cuma tanganya doang..klau mau ngerem,kakine kanan ikut nggreget gmana gt..trus yen udah ngeden,kaki kirine bawaannya mau nongkel mulu..wkwkw.
klau gag,ngeremnya kdang telad,kadang kcepetan..hhhh
beda merk, beda karakter rem juga 😀
hehehe…
Kuncinya di setengah kopling…. Dan gantung rpm di 2000 an.
Sebelum make motor temen (apapun merknya)
pastikan 2 sampai 3x cek bebas tuas kopling (sampai mana bukaan tuas kopling hingga motor terasa bergerak maju)..
(krna masing2 rider punya ciri khas make kopling)…
seep bner banget om…..
emang itu kuncinya
makasih sharenya om
ane gak bisa berkopling
di coba masbRO….
enak kok
keliatannya sih ribet… hihihihihi
lha kok pengen fu bim? 😀
*kaburr…
guyon bim
wogh 😀 ,.,kan bisa belajar entar
Bus malam giginya sampai 16 Mas.. 😀
wedew yang bener om 😯
bus malem apaan tuh giginya sampai 16 gan
gigi sopirnya tuuuhh…
ciakakakkaka
duh pe detik ne ane masih paranoid kalo ktmu lampu merah,, 😦
enaknya gmana seh?
wew
mosok sih masbRO???
kayaknya simasbRO udah lancar bner
walah apa emang kalo baru nyoba motor kopling mesinnya sering mati? tuh penyebabnya apa aja yagh?
soalnya saya juga msh baru2 nyoba nih kirain emang masalah sama motornya
kurang pas aja bro waktu nglepas kopling sama buka gasnya..:)
*sok ngajarin, padahal sendirinya juga masih teritung newbie. 😀
Karna kpling kan penghubung antara mesin dengan transmisi nah klo rpm sma kplingnya gak sma mka mesin akan kehilangan tenaga dan mati…
baru mau belajar nih..mdh2an cepet bisa..hehe..
Selamat belajar bro
jangan lupa nyalain dulu mesinnya
baru oper gigi 😆
bcanda om
hahaha… ngakak bener saya masbro. 😀
pengalaman pertama bawa motor kopling sekitar 1 taun yg lalu, OJMX 2006 titipan orang. *jangan ditiru.. 😀 soalnya memang nggak pernah dibolehin sama ortu, katanya ,”motor kopling=motor kenceng”
awal2 nyendat2, setelah muter2 beberapa kali lumayan lancar. tapi kalo pas tanjakan, amit2! mati terus.. 😀
pengalaman juga di lampu merah, gugup pas mau angkatan awal nglepas kopling kecepetan+rpm mesin tinggi. *kebetulan ojmx nya udah modif alay ban kecil, lah langsung deh roda depan ngangkat+bunyi decit di ban belakang. 😀
tapi yah syukur sekarang pake fu lancar jaya, meskipun kadang masih deg2an kalo di lampu merah.. 😀
Pingback: Mendadak Alay « cintaputih92
Bismillah..he2..bisa2 aja nich yang pada bagi pengalamannya..salut banget nich sama semuanya..biasanya postingan banyak yang jelek2in merk motor..tapi ini super lucu
hidup motor kopling..
Makasih nih ilmunya…
ane suka tips yang suruh nempelin stiker “jaga jarak, baru belajar kopling”…
hahahahahha….. kayknya efektif juga…. 😀
mas nsx125 postingin dong cara naek motor kopling honda CBR 150R yg lengkap
wew
nanti aja masbRO
soalnya seumur2 belom pernah nyoba ngetes motor diatas 25 jutaan (mentok2 tiger—-itu juga minjem)
wakakkakakakakk
mudah2an ada kesempatan
seruu juga postingannya 🙂 mas brooo ….
wakakakakk
makasih banyak masbRO udah mampir
waktu kemaren gue bawa motor kopling ,
pas di jalan raya sih lancar” aja , eh pas ketemu tanjakan mesin nya mati terus 😀
sampe sekrang masih kepikiran , dan pengen nyoba lagi ,
gue sekrang ga bisa kopling soal nya di rumah gue motor 3 matic semua hadehhh
Om , kasih tips donk buat ane..
Gmn cara nge lintasin tanjakan , agar enggak mati ??
dari posisi Gear 1 ..
m0tor kupling susah bnget
Slah lepasin kupling dikit bisa loncat lohh…masbro
susah juga yah pakek m0tor kopling>
Mningan matic aja dech yg gmpang
ok mantap nih postinganya,,ane juga pernah ngalami kejadian yng memalukan sama yan ada di atas,rasa percaya diri iti teris hilang seketika dan ahirnya melakukan kesalahan mengoperasikan motor kopling,,,,duuh tambah malu banget,,tapi sekarang sudah agak lancar kalo di jalan datar,kalo di tanjakan,,masih takut banget karna sering mati di tengah2 tanjakan dan ahirna gobrak jatuhde,,,,,hehehe
saya kan baru belajar naik vixion, tapi kenapa pas saya masuk gigi 1 dan tuas kopling saya tarik trus saya puter gasnya kok gamau jalan ya? itu gimana sih 😀 maklum baru belajar pake kopling manual hehe
Tuas koplingnya di lepas perlahan
Sambil narik throtle gasnya
Nanti pasti jalan
ane ga punya motor gans
hahaha seru abiss baca pengalaman agan2, iseng2 nih ane jg browsing secara baru mau pake motor kopling. meski dah biasa ngebut pake jupiter z tp pas coba motor kopling gemetaran keringat dingin nih apalagi kalo jalanan super macett. permasalahan yg dihadapi sama.. mesin mati.. huhuhu kalo jalanan sepi lancar asi dah tp berhubung jalan yg dilewati harus berjibaku di antara truk2 pasir jadinya ane keteteran dibuatnya.
Jadi inget pas awal belajar motor kopling dulu…
Hehehe..
Nice post…
kirain rumit belajar motor kopling,ternyata kaya nyetir mobil gampang dah klo gitu…..
aku baru beli MX tapi gak bisa makeknya.. hakakakak….
: sya juga gtu dulu mz br0w,pas belajar koplingan…rasanya itu lucu tapi bikin malu..:-D
Kalo ane, pertama kali belajar motor kopling pake ninja 250 pinjeman.
Tiap ketemu poldur mati mulu, udah gitu susah bgt nyari gigi netralnya. Wakakaka
kopling manual emang ribet kyknya !! seumur-umur ane blm prnh cba mtr kopling manual hehehhe 😀 tpi rencananya mau gandeng minerva 150 vx haduhhhh ribet kli yah heheheh
gw , jga rencananya mw beli motor minerva new r150vx
kira2 dah ada lum ea…..?
lucu, nice share gan…pengalaman ane pake motor kopling sampe loncat, karena ribet bawa barang bawaan…..emang nih motor kopling rada ribet klo dipake belanja…:D
aduh gan makin keki aja ni ane pgen bwa kopling,pdhl rencana mau beli saef kayanya klo pemula malu2in bgt y djln motor sampe loncat,di tanjakan mati.mtr bru bklan bnyk lecet dong
hadeuuuhh ,,,,jd deg2an nee,,,si ep udh nongkrong drumah tp blum brani nyoba,,,dtambah ada kuda jingkrak,,,,udh kbayang ntarnya kek apa d jalan
asli ngakak baca artikel ini 😆
hahaha lucu bgt ….
lucu juga baca pengalaman orang2…soalnya kalu ane dari dulu motornya pake vespa jadi sekarang mau naek apa z bisa…bersyukur dech…tapi buat masbro2 yang baru pada belajar koplingan, intinya feeling kita harus kuat sama tunggangan kita….teorinya udah di jelasin tuh sama yang mpunya blog…peace buat semua…
hahahaahahahaahah….. sama persis semuanya kaya gue, pas di depan angkot motor gue mati gara2 buka kopling langsung lepas,
Yohohohoho, ngakak banget baca artikel ini. Btw nice info gan 😀 Respect buat agan
Wah… Jadi keinget pengalaman ane bawa vixi nya temen. waktu nanjak msin nya mati.. Tambah lagi jalan sempit, mobil di belakang pencet2 klakson gara2 bokong motornya ampir kena bumper mobil… Saking paniknya mtor gak mau hidup… Duh… Parah abis pkoknya!
Nice posting , jadi inget pertama kopling 4taun lalu
Ane beli ojmx, tp pas ditanyain, bisa motor kaga, ane dengan polos jawab “kagak” , ane belajar sendiri 5 hari lumayan lancar, dan pas stnk jadi ane langsung pergi jauh ketemu doi, untung ga mati dijalan, walau pulangnya mati dijalan juga :D, sekarang udah lancar banget malah kram pake matic -_-, tapi kopling sensasinya mantap, apalagi kalo udah terasah , keep trying 🙂
saya pernah naik vespa wlaupun msh smp hehehe……
😀
komenya lucu2 bgt,spt penglmn sy.pk vixion bs menurunkan berat badan smp 3kg krn strees..smp2 pingin dijual aja mtrnya.ha..ha
ahahaha thanks gan. sori baru repp baru buka blog. sekarang ane udah lancar gan ngendarain motor kopling manualnya hihihi. asik jug bawa kopling greget ny ada wkwk
wah kuda jingkrak wkwk
wahh..banyak nambah pengalaman krn baca blog ni buat saya yg (akan) belajar pake motor kopling…jdi g sabar pengen latihan hehe tp serem juga klo mendadak jadi ‘logonya ferrari’ wkt lampu merah wkwk
haha’….
ane kaga’ ampe segitunya gan…
brarti ane termasuk berhasil yah..
cuma masih males ngurangin gigi…
haha’ alhasil.
glegek’… MATI kalo pas jalan lambat.. ato pas belok gigi masih 4 ato 5’an…
. uda d kash tau.. kalo belok jalan pelan-pelan… ggi kecil.. kopling stgah.. gas jgan di abisin 😀
tp ya namanya msh blajar ya gan…
otak ama tangan kaki… blm sinkron* amat…
😀
wkwkkwk, adeh, mirip bgt perasaanya kalo lagi lampu merah. Gimana ya cara nurunin gigi dengan mulus abis kecepatan tinggi? Gua pake new vixion, pas tanjakan pernah mati dan gua ga bisa nahan berat motornya. Postur tubuh gak sesuai sama body motornya wkwkwk.
wah kalau difacebook udah pada ane Like Likein nih komenan 😀 lucu lucu pengalamannya,,
#nice post
Aduh ane jdi deg”an nh, mau belajar mtor kopling, dlu pernah pke mtor’a sodara tpi ssah bnget mesin nya mti-mtian trus, alhasil ak pke mtor yg biasa yg gak pkek kopling, ini rncna nya mau nyobain lg dah mtor kopling, msih pnasaran?????
Do’ain yah plen mga lncar
Aamiin
idem, ane juga barua belajar,…. pas sihidupin mati mulu,.. sampe ditinggalin dijalan,…. manggil sodara buat bantu jalaninnya… heheheh jadi kepingin malu…. tapi tetep penasaran,…. pingin bias.
wakakakak.. kocak bgd gan!
ane ampe ngakak sendiri tengah malem pas baca ini :p
ane juga baru belajar kopling nih, motor sering mati pas polisi tidur.
kudu punya muka tembok deh (tahan malu), secara belajar’y di komplek. hahaha..
BANG nsx125 , postingin cara belajar ngendarain vespa dong ,
hihihi , soalnya ane baru belajar nih
wah, ane malah baru belajar gan, padahal udah kuliah :malu: suka malu sendiri kalo mati pas polisi tidur, apalagi tanjakan
nice share gan
oh iye deh bang
kalau mesin udah terasa mau mati waktu jalan tinggal di kopling trus dibleyer-bleyer aja gasnya, nanti lepas lagi koplingnya perlahan
Nunggu spacy d pinang orang. Rencana pengen NVL. Jadi deg2an nih.. Mentoknya brapa lama yah gw bisa lancar… Soalnya klu pinjem temen malu.. Gw hrs punya dulu nih… Hatur nuhun tips 2 nya bro n sis. Duh makin penasaran aja nih.
Mas bro ane maw searing. Ni
Ane kan dah perna cuba
Klx ama vxion hanya bisa jalnin 25km\h. Cuman mainin 1.n.2.3
Tp cuma djalan datar muter2 doa.k maklum tkuut jtoh
Kira” bisakah ane pakek mx 135??
Wah sulit ya bawa motor berkopling, make metic aja hehehe.
Kalo pas ktmu turunan gmn y? apa biarin mtor jalan gak pake d gas + tarik penuh kopling, atw gmn?
Jngan kan yg baru² ane aja gak.. Udah lancar trus pakum deh bbrapa blan,,, hasil nya sama kya agan… Hhee
Gue nyoba MOTOR TRAIL gigi 6 punya sodara,tapi wktu baru nyalain motor nya dan mau pindah gigi 1 gue ngga bisa nyocokin kopling sama gas,jadinya mati2 terus deh.^^
Terlalu beresiko pakai motor kopling, kapan hari teman kelindas truk muatan pasir karena mesin motor mati di tengah jalan gara-gara telat tekan kopling saat jalan macet, dia barusan belajar kopling. kasian mas, anaknya masih kuliah.
ane_baru_pindah_juga_pake_mtor_kopling_dlu_sih_cuma_pake_bebek_geol….sbnernya_sih_udah_lumayan_lancar-cuma_kadang_masih_lupa_ni_masuk_gigi_brpa_jga_kadang_kalo_masuk_ditikungan/lampu_merah_suka_grogi_masih-suka_mati2_kadang_lupa_narik_tuas_kopling(mati_dah),,kdang_juga_slh_felling_nurunin_gigi_gtwNya_masih_nyantol_gigi_3_alhasil_digeber_gmw_jalan_mlh_mati_lg…Hahahaha…..tp_untungnya_distater_lgsung_ngacir_hehe…..malu_jg_tp_nmnya_belajar_lama2_jg_terbiasa..
sama_ky_naik_kuda_beneran_kalO_FEELINGnya_g_pas_Ja”im_tuh_kuda_mrengek_molo_hahaha
Wadduh…sulit tah gan?
Ane rencananya mo beli GL
Low kopling d,kaki giman mz bozt bisa gk…. Ahahahhaaha lbih sulit ri pd kopling d,tngan….
kalau ane sih gak pernah seperti logo ferari gan,
cuma mati aja yg sering di polisi tidur,
sampe sampe liat polisi tidur aja rasanya mau stres.
(dalam hati berkata) ribet amat nih motor pake acara mati segala
ntah iye mas bro ne (Y)
http://WeeklyYouthPay.com/?ref=223005
bisa enggak mas…..klo kawasaki KLX pakai kopling otomatis
satu lagi yang mesti kita ingat, jangan lupa tarik tus koplong ketika hendak mengoper gigi, karena biasanya yang baru hijrah ke motor kopling dia lupa, seenaknya aja dia lepas tangan kiri, lalu oper gigi, otomatis motornya langsung oleng
Trims bgt agan” ane dah bca mulai dri atas smpe bwh, mnbh wawasan tntng bagaimana memadukan perasaan dgn Megapro ane 🙂
koplak gw nambah gemetar nih
Ane juga gan jadi pas ane di lampu merah ane paranoid dan hasilnya motor ane mati gara” gas terlalu kecil saat melepas kopling, sampe sampe diliatin sama mobil di belakang ane -_-
nah lohh bisa loncat begitu kaya kuda ngamuk haha nyimak dehh sama pengalaman ente-.- motor impian ane tuh NewJupiterMX bro tapi malah tertarik beli CS1hehe *plok﹑.. Tapi yang ane sebelin waktu belajar kopling tuh kalo lagi jalan manteng sih biasa ajaa serasa udah jago, eh waktu ada polisi tidur ga nurunin gigi sama nurunin gigi sama2 mati mulu ga pernahh berasil ngelewatin udah gitu gabisa di starter harus di sela, waktu itu ga ngerti cara netral nya biar bisa di sela.. dulu ane belajar kopling pake Byson bokap ane, depan cewe belaga ganteng tapi mati mele cuma gara2 ngerem-.- tips ane sih gausa panik, santai aja kalo panik malah ngaco.. akhirnya sekarang udah terbiasa dehh.. Pepatah mengatakan bisa karena biasa broo sip infonyaa salam satu aspal
Alhamdulillah masBro wktu dlu motor pertama ane koplingan udah gt motor butut tua lah kalo g slah mah PosOne dr yamaha. Koplingnya bkin pegel keras bgt. Tp suaranya 2T tuh seauatu bgt. Skrng sih udh d jual
N minta doanya biar kebeli motor lg rencana pengen 2T lg . 🙂
gila artikelnya bagus banget,ane tadinya cari cara belajar mobil ,tentang kopling,eh masuk ke sini ngakakk,brooo buat novel bro haahah n_n ,akhirnya gw dapet poin lagi janganbengong sama lupa
12/07/2014 mantab n_n
Kocak ni baca komen komen 😀 , ANE masih belajar nih, kalo didepan kita ada angkot kita rem mendadak, mati kenapa ya…. apa kurang penuh narik koplingnya? trus kalau turunan baiknya kopling di tarik, apa kita tetep nge gas? gimana kawan 🙂
siang tadi aqu melunasi pembelian 1 unit New Vixion KS..malam ngebrows cari2 tutorialnya (pemula) ..Allah mempertemukan pd pemilik posting ini dengan postingannya ..Disini ibarat Imam dalam sholat banyak makmumnya __
1. Belajar itu menuntut ilmu,
2.Yang sangat berharga disini pengalaman sbagai guru yg baik mengajak tuk berhati-hati
3.Semoga semua selalu dalam perlindunganNYA selama berkendara motor/mobil dan selamat sampai tujuan ..seterusnya ..Aamiin Yaa Robbal’alamin
Kalau aku dulu kalau waktu belajar mtor kopling pake tiger bpak ku sama adek ku, waktu awal start mati2 trus mesinnya Jadi aku sama adek ku dorong dulu kyak ban bocor tu tiger sambil lepas kopling full kecepatan udah 25km/h aku Loncat ke motornya, aku dah di mtor. Tapi adek ku masih lari ngejar aku hehe trus adk ku langsung lncat ke mtor tiger, Akirnya aku sama adk ku udah goncengan Langsung aku gas tinggi tu tiger. Aku coba jalan ke jalan raya rame tenan coy. . Stelah jalan2 agak jauh dari rumah bru aku sama adk ku kepinggir jalan mau putar balik ke rumah ehh mesinnya mati lagy. Aku hdupkan tu mtor aku lepas kopling mati2 trus Badanku kringat dingin jadinya. Trus aku dorong lagy kyak ban bocor tapi kenceng sambil lari 25km/h lah kopling aku lepas pull. Trus aku loncat ke mtornya aku dah naek, tapi adekku masih lari ngejar aku hehe stelah dkat sma mtor adk ku langsung loncat ke mtor tiger hehe akirnya aku sama adek ku udah naek trus ane pulang ke rumah dngan slamat. . Badan ku smpe brkeringat kayak mandi hujan gtu. Hehe. .
tapi sekarang aku dah lancar bwa mtor kopling. Gak mati2 kyak dulu kala. . Haha. .
pengalaman aku dulu kala gan, hahaha.
Curhat lu ? Cerita ngarang aja mau cerita
Tolol amat sih lu ? Ga ada otak yah ?
Eh tolol lu ngajarin orang naik motor kopling apa curhat ? Semua nya cerita hidup lu –” kalau mau curhat sama teman aja boss disini buat ngajarin orang yang ga bisa naik motor kopling buakn buat curhat –“
belajar kopling itu gampang kok asal tau teorinya dulu,,, apa yg akn terjadi kalo gas ditarik tp kopling tdk dilepas, apa yg terjadi kalo gas ditarik sedikit dan atau banyak lalu ketika kopling dilepas full/lost. apa yg terjadi jika gas ditarikdan kopling dilepas pelan sedikit demi sedikit,,, jadi sblm kita belajar/praktek naikinnya mending minta penjelasan dulu sama yg udh biasa naik koplingan.. soalnya resiko naik koplingan itu bkn cuma mati2 saat start (itu sih biasa) nah kalo kita blm tau bisa2 kita jamping jumpalikan,,, soalnya kondisi kita waktu naik kopling pertama kali itu pasti tegang,, jd pas kita mau jalan nih karna blm mudeng cara kerja/kolaborasi antar kopling dan tuas gas biasanya nyendat2 kalo udh gt tanpa disengaja tangan kanan akan semakin menarik tuas gas alhasil motor semakin nyendat dgn penuh tenaga dan…. ngeeeeennggggg gedubrraaaaakkkkk hihihihihi
Q lg bljr naek mtr kopling mati mati mulu pas d lampu merah,dpolisi tdr,d tanjakan,d tikungan,pas macet,secara belajar sendiri dari artikel2 doang,udah gtu g tau udah masuk persneling brp cz kan g kyk mtr kopling otomatis yg keliatan masukan brp ditambah lg susah nyalain lampu seinnya kagok ketakutan klo kopling setengah ampe kelepas.intinya susah klo g ada yg ngajarin dan d perlukan latihan yg rutin.dan klo bljr mtr kopling harus bermuka tebal(tahan malu).
Gue pernah naik motor kopling pas belajar pake satria punya om gue pertama lancar pas di polisi tidur mati 1 kali paling parah pas mau nyebrang di pertigaan pertama lancar pas sampe tengah motornya mati hampir ditabrak sama satria (satria tabrak satria jadinya :v) terus mundur lagi cari gigi netral susah apalagi pas panik ankhirnya bisa nyebrang meski ndut ndutan motornya
Sama mas bro.. pas nyebrang jalanan tuh motor udah kya kuda jnggkrak.+boros gigi sampe 5.motor gx mati sih tapi malunya.
saya juga pernah coba suzuki thunder 125 ikuti teori,berhasil tapi suara motor meraung keras baru jalan. setiap jalan kalau tidak di gas tinggi pasti mati ketika di lepas koplingnya. sampai sekarang belum bisa pakai motor kopling,kesulitan lainnya ketika pindah gigi,aneh rasanya urutannya. juga motor tidak punya penunjuk angka gigi. benar-benar motor pakai kopling harus pakai feeling. saya juga heran kenapa banyak yg mengeluh ketika lewati polisi tidur sering mati,bukannya sama dengan lewati jalan berlubang,atau tanjakan. kalau saya lewati polisi tidur ya di gas normal saja,tidak pernah mati. kopling mahir kalau sering dipakai,teori bagus tidak menjamin.
Masbro..aq baru pertama punya motor kopling+bru blajar saranya apa y mas bro.??
Ane dulu SMA 2th pakai satria dan kopling lancar abies. Trus ane ganti motor matic, 10th nggak pake motor kopling lagi, palingan sekali 2x minjem motor orang, alhasil lupa broh, aslinya jadi lupa nyesuain nih kopling sama gas. Setelah kerja banting tulang,bulan kemarin ane kesampaian beli ninja rr, dengan PD ane bawa jalan langsung ke jalan raya segede bagong, awal maju lancar karena pelan2, tapi saat udah di jalan raya kagok dan grogi, ane jalan pelan banget sampai di libas sama cewe naik mio, di pinggir jalan orang2 pada ketawa ketiwi gitu, sekarang ane nggak pernah lewat jalan itu lagi. huahuahua.
Setelah itu di lampu merah, sial banget karena padat ane kebagian di tengah paling depan, alhasil ane grogi abis, tangan kiri sama kanan masih musuhan, waktu lampu hijau kecepetan buka kopling, lupa tarik gas, dan motor ane mati! dan sepanjang jalan itu isinya bengkel motor, dan itu jalan yang harus ane lewati setiap hari, malu abis gan sumpah, besoknya ane beli kaca helm yang mirror jadi ngga kelihatan muka ane, sekarang setiap lewat jalan itu ane tutup kaca helm ane.
Trus malam minggu ane pulang dinner pecel lele mau nganter tunangan ane, sekitar jam 12 malam, mau masuk tikungan ane turun gigi 4-3-2 lancar aman sentosa, trus sekitar ane banyak anak brotherhood lagi konvoi kan, dan tikungan itu kecil, tikungan itu jadi padet sama motor jadi ane harus turunin lagi ke gigi 1,sayangnya ane kurang nekan giginya jadi salah ngoper malah masuk ke NETRAL! alhasil mesin meraung kencang banget, semua anak brotherhood itu langsung melotot ke ane, disangka ngajakin ribut, dalam hati ane, “mati ane bisa dijadiin lemper nih”, yang keluar dari mulut ane spontan “buset netral” sambil ngeliatin spidometer, trus ane kepingin bilang “maaf bang, sumpah ngga sengaja” tapi nggak jadi udah kepalang malu plus bonus ngeri juga,ane pasang muka ngga berdosa langsung ngacir. huahuahua.
Setelah itu mau masuk komplek rumah ane, banyak banget anak motor pada nongkrong, dan ane salah oper gigi lagi dari 2 ke 1, jadinya netral, motor ane meraung lagi. Dalem hati “sial bener hari ini”, untung masih hidup ane sekarang kaga dijadiin lemper, huahuahua.
Setelah 10 th nggak pake motor kopling, untungnya cuma waktu awal banget mati sekali, sisanya ngga pernah mati tapi tiap maju tersendat2, suara knalpot jadi jelek banget, ketahuan nggak lancar bawanya, jadi banyak yang ngeliatin, bukan karena ane keren tapi karena ane kelihatan newbie. huahuahua.
Saran sih kalau belajar kopling pakai motor 4tak knalpot standar, jadi nggak kedengeran belum lancarnya.
Sekarang alhamdulillah udah lancar jaya.
Berbagi pengalaman dari newbie ke newbie, kalau nggak mau mesin motor mati, buka kopling pelan2, sudah kerasa motor maju baru tarik gas. Kalau buka kopling terlalu cepat pasti motor mati.
Di tanjakan jalan kosong, buka gas lebih besar sedikit dari jalan biasa (dikira2 aja, jangan terlalu banyak nanti salto), dan buka kopling perlahan.
Di tanjakan jalan macet total (stop and go),
1. bisa buka kopling perlahan sampai terbuka setengah sambil di gas sedikit
2. maen tarik lepas kopling sampai full diimbangi gas sedikit (ane sih lebih suka ini dibandingkan tahan kopling setengah).
3. cara 4L4y: tahan rpm biar nggak terlalu rendah dengan tarik kopling, gas dikocok, lepas kopling, maju dikit, tarik kopling gas dikocok lagi (jangan ditiru,ntar diketawain anak2 motor)
Belajar kopling motor intinya, buka kopling pelan pelan dan gas pelan pelan juga. Inget kata “pelan pelan”, motor udah maju baru tarik gas lebih banyak dengan pelan2 juga.
Langsung praktek teman2, seru 😀
Saya baru pake motor laki..biar lebih afdhol saya langsung blajar dijalan raya..
Entah udah brapa caci maki yg saya dapat hari ini…
Hahahahaha
wahaha keren mas. pemberani
Kok pasti crita nya sama Y klo ditanjakan pasti mati..
Aqu juga..
Wkwkwkwkw
kalau aku awam motor kopling tadinya,motor di rumah moped semua,langsung belajar kopling di mobil mpv,nyendal dan mati- mati mesinnya waktu mau buka gas,kopling di lepas terlalu cepat.
Hhh kayaknya banyak yang ngalamin tu gan…hhh
Ane baru aja jatoh nih gan gara2 nunggangin CB150R bapak ane -_-
baru belajar kopling juga sih… wkwkwk
Saya pertama kali bawa R25 niatnya mau jadi keren ternyata malah jadi cupu saya mas, di jalan lumayan lancar pas tanjakan ini yg bajigur kaga jalan” udah gitu macet lagi , tau sendiri jakarta kan untung ajah di tolongin biker yg baik. Ampun dah itu mas , yg bikin malu lagi pas ganti gigi 2 malah N itu motor ngeraung kaya singa mas al hasil loncat tuh motor hampir nabrak tukang teh botol . Untungnya abis loncat tuh motor mati
mas bray mau nanya nihhh…
pas naik jembatan + macet posisi ger lebih baik masuk brp ? trs posisi kopling nya di tahan setengah ato gimana…..??? motor satria fu
Salam kenal semua.
Pada dasarnya motor kopling manual dan automatic hampir sama gak jauh beda. Kl di tanjakan sekiranya mesin motor mau mati karna gak kuat bisa nurunin gigi..misal di tanjakn pake gigi 3 dan rasanya mesin mau mati bs pindah gigi 2 dan sterusnya.lagian motor kopling manual lebih enak tenaganya buat tanjakan dari pada motor kopling automatic..motor saya dulu ( shogun) pake kolping automatic buat tanjakn -+ 60 drajat tanjakan harus pake gigi 1 dan setlah kopling autmatic saya lepas di tanjakn yang sama bisa pake gigi 2.
Hehe seru jg nih baca koment nya,,, berbagi pngalaman soal mtr kopling,,
awal sih emang sama blajar ya pke motor kopling dulu, mpe jatoh brapa kali, slanjutnya pas SMA ya pake motor yang giginya 3 hahaa,, strusnya ada pningkatan, dari bebek bergigi 4 sampe motor posh one yang pke kopling yang asepnya ngebul,,, hmmm,, lancar tuh,, nah pas kuliah smpe lulus dn kerja naik tngkat dpt motor warisan kk yaitu si Vega, sampe punya pcar jg.. hmmm,, yah gtu lah akhir2 ni pake motor kopling tiger 2000, padahal udh lama gak maen kopling jdi kagok lagy deh,,, yah karena suatu kejadian gagal nanjak tuh pas bonceng pcar, akhirnya kita putus deh,,, skrg msih pake tiger, karena masih sndiri nanjak jg jadi lancar… 😀
hahahahhaa!!
Ane jadi inget dulu waktu ane. Naik motor thunder,,, Milik temen sekolah gue waktu kedesak di lampu merah Pass hujan sore. pula, ane berhenti perlahan secara muluss. sambil ngurangin satu gigi Truss ane lepas tuas gass. Tau-tau nih motor mati Eh ternyata gua. Tadi masukin gigi 4-3. Alhasil motor mati. Lalu di belakang ane ada mobil tuh waktu lampu ijo, Tuh!!. Mobil klakson mulu. Sambil menahan keringat dingin yang terus menetes dan gue sambil berusaha.. Nyalain mesin Motor. Pakai Electrick Start Lohh Tiba2 Kok kagak bisa. Trus ane baru nyadar kalo. Tuh motor aki nya Dilepas. Lalu saya setelah Berusaha Selah Motor Tuh.. Kok Loss Tuh selahan Terasa enteng banget… Kayak Gk ada pirr,nya. Lalu ane Baru nyadar waktu di selah tadi. Koplingya Masih saya tekan Teruss. Yahh kok tetep kagak bisa, Lalu gua cek ke pinggir jalan Ternyata Ehh!! Ternyata. Carbulatornya Kemasukan Air… Hadehh!!
#Pusing nih kepala
saya di kasih motor fu..
tapi saya ga bisa bwa nya.. malah mati mulu mesin nya…
pengalaman awal ane naik motor kopling minjem old satria fu temen pas SMA. mati2? jelas wkwk. Intinya kopling itu belajar timing bukaan kopling sm gas aja si menurut ane. trus Ane belajarnya dr stop lgsg masukin gigi 6 coba deh jalan. Pasti cepet hehe
Kalau pindah gigi , ngakdi kopling gimana masBRO
Penasaran ama motor kopling manual
wkwkwkwkwk
sbnernya duluuuuuu bnget, gw dh prnah lthan koplingan, & dlu gw dh mrasa ckup tahu cra kerja koplingan,
trus baru aja untuk urusan kerjaan gw trpaksa agak dipaksa buat pake mtor verza, boncengin bos gw survey lpngan yg jraknya lmayan jauh & kondisi jalan sebagian kaya kali asat (sungai kering) hahaha
alhamdulillah kjadian 1 terjadi, bbrapa kali gw menari balet dah….
trus kjadian lmpu merah jg gw alami, mesin mati, untungnya gw dh ada frasat bruk dan mmposisikan motor di pinggir jalan….
tp untuk perjalannya bsa d blang lncar, smua medan bsa gw hadapi dg mudah… yeeeee
belajar terus dah buat para newbie, yakin aja
Baru pake cbr 150 r lumayan lancar mudah mudah selalu di beri kemudahan buat kawan2 yg lg belajar motor kopling amiiin
Aduh mas bro bikin saya ketawa ngakak sampe batuk batuk…sumpeh lucu buanget heheheee…tpi btw jadi tambah ilmu soalnya ada niat pgn belajar motor kopling..thanks..
Sya naik motor koplingan d jln lurus aja jatoh..itu critanya waktu plang kerja skitar jam 8 mlam pas mindah gear sy nengok kebelakang pling cma 5 detik nah waktu liat kedepan gua dh jatuh nggak tau nabrak apaan gua jin.iblis ato setan tpi waktu gua jatuh ngersa agak aneh sih.pdhal kecepatan rendah jlnan kosong sepi lgi, gara2 itu visor masih baru baret badn jga baret sampe gua kgk brangkat kerja 3 hr bro…nh pas gua crita ketemen cma di ketawain doang…itu bner2 sial buat gua ,,coba itu penyebabnya apa tau kgk
Paling malu tuh ane pas bawa fu di depan ada keributan trus motor mati . Saking paniknya motor di tinggalin di tengah keributan . Trus saya panggil aja yg punya motor.soalnya itu motor minjem
Selalu berusaha dan latihan pelan” kaya saya gan.. Sama saya juga baru belajar masih mati” tapi kalo jam terbang kita dah banyak pasti bisa
Saya dari motor matic pindah langsung ke motor kopling dan blm punya pengalaman pula tentang motor kopling .. tapi bagus nya saya bisa adaptasi dengan cepat dan menurut saya cukup mudah mengendarai motor kopling itu
Pindahan dari mio ke ninja hahahaha
Saya baru 2 hari latihan kopling di lapangan sepak bola di desa saya. Terus besoknya (hari ketiga) langsung saya buat jalan di jalan raya dengan ngebut (sepi kendaraan jam 5 pagi) di desa ke pom. Rasanya sudah mulai lancar. Yang penting kalau belok, tuas kopling harus ditarik setengah. Kalau mesin terasa tersendal-sendal berarti tarik lebih dalam lagi tuas koplingnya & kecilkan gigi perseneling. Kemudian kalau ingin jalan dimulai dari gigi 1, saran saya langsung tarik gas sampai setengah. Biarlah tuas kopling yang menentukan laju motor, bukan gas. Sekarang (hari ketiga) tangan kiri saya masih mudah pegal belum bisa rileks. Pada saat kecepatan tinggi memang tangan kiri sebaiknya disantaikan atau tidak perlu pegang tuas kopling. 🙂
saya baru beberapa hari ini kejadian mati mati terus pas mau berangkat sekolah, motor saya cs1 😫
hahaha..keinget dulu pas belajaran naek motor kopling..
deg2an kalo lampu merah apalagi kali lagi jalanan macet..
sekarang mahh gasss polll…
udah jadi makanan.. touring sana sini..
gass itu kaki bukan tangan hahaha agak nyyindir yg masih pake matic
Saya habis tt motor seken rasanya tdk enak pakai kopling, dr supra ke shogun exelo. Pinginnya tt ke supra lagi.
Motor sport paling nyaman buat cornering.
Malem2, ketawa sendiri gara2 baca postingan 8th yang lalu, makasih ya masbRO, sehat selalu masbRO 😀